Kesbangpol Payakumbuh gelar lomba upacara bendera tumbuhkan nilai-nilai budaya bangsa

id Lomba upacara bendera di Payakumbuh

Kesbangpol Payakumbuh gelar lomba upacara bendera tumbuhkan nilai-nilai budaya bangsa

Lomba upacara bendera di Payakumbuh. (Antara Sumbar/Syafri Ario)

Payakumbuh, (ANTARA) - Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat mengadakan lomba upacara bendera tingkat SLTA se-Kota Payakumbuh di Gelanggang Pacuan Kuda Kubu Gadang.

"Acara ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan nilai-nilai budaya bangsa," kata Kepala Kesbangpol Kota Payakumbuh, Budhy Dharma Permana di Payakumbuh, Rabu.

Ia menyebutkan jumlah peserta dalam kegiatan ini berjumlah 13 SLTA se-Kota Payakumbuh.

"Tiga terbaik kemudian akan dinilai secara komprehensif pelaksanaan upacara bendera ke sekolah masing-masing untuk menentukan juara satu, dua dan tiga," ujarnya.

Hadiah akan diberikan berupa tropi dan uang tunai, juara satu Rp3 juta, juara dua Rp2,5 juta, juara tiga Rp2 juta, harapan satu Rp1,5 juta, harapan dua Rp 1 juta dan harapan tiga Rp750 ribu.

Asisten III Amriul Dt. Karayiang menyampaikan bahwa upacara bendera mempunyai manfaat yang sangat baik bagi upaya penumbuhan budi pekerti dan karakteristik untuk generasi muda sebagai penerus bangsa.

"Mari sama-sama kita jaga rasa nasionalisme kita demi keutuhan NKRI," kata Asisten III Setdako Payakumbuh.

Amriul mengatakan kesadaran akan wawasan kebangsaan ini harus kita jaga dan pelihara dengan baik, terlebih kepada generasi muda harapan bangsa yang akan menentukan nasib bangsa kita untuk kedepannya.

"Diharapkan nantinya dapat meningkatkan nilai kedisiplinan, kepemimpinan, kerja sama dan kekompakan, kekuatan fisik dan mental, serta patriotisme," ujarnya.

Penyelenggaraan lomba upacara bendera ini merupakan kerjasa sama antara Kesbangpol Kota Payalumbuh dengan Kodim 0306/50 Kota, Polresta Payakumbuh dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Payakumbuh.

"Jurinya adalah Serma Ifnusril, Bripka Yoga Sudewo, Aidal, Muhammad Afif dan Igo Yulanda Putra," ujarnya. (*)