Pelatih Prancis pilih penggawa pertahanan berpengalaman untuk tim akhir

id timnas basket prancis,vincent collet,piala dunia fiba,evan fournier,nicolas batum,rudy gobert,frank ntilikina

Pelatih Prancis pilih penggawa pertahanan berpengalaman untuk tim akhir

Pebasket tim nasional Prancis Frank Ntilikina tampil dalam laga pemanasan jelang Piala Dunia FIBA 2019 melawan Argentina di Astroballe, Villeurbanne, Prancis, Minggu (17/8/2019). (ANTARA/AFP/Romain Lafabregue)

Jakarta, (ANTARA) - Pelatih kepala tim nasional bola basket Prancis, Vincent Collet, memilih penggawa pertahanan berpengalaman untuk merampungkan memperkuat roster akhir mereka menuju putaran final Piala Dunia FIBA 2019 yang diumumkan Rabu dini hari WIB.

Hal itu terwujud dalam terpilihnya nama-nama senior seperti Andrew Albicy, Nando De Colo, Evan Fournier, Paul Lacombe dan Frank Ntilikina masuk dalam roster akhir, demikian catatan laman resmi FIBA.

"Nando De Colo dengan pengalamannya akan bisa membantu Frank Ntilikina dan Andrew Albicy sebagai guard ketiga tim ini," kata Collet.

Keputusan itu antara lain didasari cedera pundak ringan yang dialami pemain berusia 18 tahun Theo Maledon, yang belakangan disusul talenda muda lainnya Elie Okobo (21).

"Theo merasa kurang nyaman dengan pundaknya dan hal itu mempengaruhi peluangnya mempertahankan tempatnya di tim untuk ke China," kata Collet.

"Saya juga ingin berterima kasih kepada Elie Okobo telah memenuhi panggilan kami selama masa persiapan dan semangatnya di pelatnas, namun ia belum cukup meyakinkan saya untuk bisa mengisi posisi guard ketiga," ujarnya menambahkan.

Ntikilina masih berusia 21 tahun, namun ia punya jam terbang dua musim di NBA, sedangkan De Colo (32) dan Albicy (29) jelas memiliki pengalaman lebih panjang dibandingkan Maledon dan Okobo.

Sementara itu di lini serang, Evan Fournier dan Nicolas Batum bakal menjadi andalan Prancis meraup poin dibantu kekuatan fisik Rudy Gobert.

Selama masa persiapan, Prancis tampil cukup baik dalam laga-laga pemanasan, hanya kalah dua kali dari Serbia dan Turki.

Kini, usai 12 pemain roster akhir diumumkan, Prancis bakal bertolak ke Shenzhen, China, untuk melakoni penyisihan Grup G menghadapi Jerman, Republik Dominika dan Yordania mulai 1 September.

Jika lolos ke putaran kedua, Prancis segera dihadapkan tim-tim kuat dari Grup H yang disebut sebagai grup neraka berisikan Australia, Kanada, Lithuania dan Senegal.

Berikut roster akhir Prancis untuk Piala Dunia FIBA 2019:

Amath M'Baye (forward), Andrew Albicy (guard), Axel Toupane (guard/forward), Evan Fournier (guard/forward), Frank Ntilikina (guard), Louis Labayrie (forward/center), Mathias Lessort (forward/center), Nando de Colo (guard), Nicolas Batum (guard/forward), Paul Lacombe (guard), Rudy Gobert (center), Vincent Poirier (center) (*)