40 anggota DPRD Padang Pariaman baru terpilih ikuti pembekalan

id Pembekalan anggota DPRD,padang pariaman,sumbar

40 anggota DPRD Padang Pariaman baru terpilih ikuti pembekalan

Puluhan anggota DPRD Padang Pariaman, Sumbar periode 2019-2024 mengikuti pembekalan terkait tugas, hak, dan kewajiban sebagai legislatif yang dilaksanakan di Padang, Senin. (Antara/Aadiaat M.S)

Padang, (ANTARA) - Sebanyak 40 anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat periode 2019-2024 mengikuti pembekalan tentang fungsi, tugas, dan hak sebagai legislatif.

"Pembekalan untuk anggota DPRD Padang Pariaman merupakan yang pertama dilaksanakan untuk tingkat Sumbar pascapemilihan umum" kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sumbar Jefrinal Arifin pada pembukaan pembekalan anggota DPRD Padang Pariaman di Padang, Senin.

Ia mengatakan dengan adanya pembekalan tersebut maka DPRD Padang Pariaman dapat melaksanakan kegiatan mulai dari pembahasan dan penggunaan anggaran hingga kunjungan kerja baik dalam maupun luar daerah.

Sedangkan jika belum mengikuti pembekalan maka anggota DPRD tersebut belum bisa menjalankan fungsi, tugas dan haknya sebagai anggota legislatif.

"Apalagi anggota DPRD Padang Pariaman harus segera membahas APBD Perubahan 2019," katanya.

Menurutnya dengan anggota DPRD Padang Pariaman cepat mengikuti pembekalan maka dapat membantu untuk mempercepat pembahasan APBD Perubahan 2019 yang harus diselesaikan akhir September.

"Sedangkan jika DPRD belum memiliki ketua definitif maka anggaran berada di tangan sekretaris dewan," ujarnya.

Penggunaan anggaran di sekretaris dewan tersebut, lanjutnya berlaku hingga ditetapkannya Ketua DPRD Padang Pariaman definitif.

Kegiatan yang dibuka oleh Gubernur Sumbar tersebut dilaksanakan dari 25 hingga 29 Agustus.

Sementara itu, Ketua DPRD Padang Pariaman sementara Happy Neldi mengatakan pembekalan tersebut harus dilakukan agar anggota memahami terhadap tugasnya.

"Apalagi kami berasal dari latar belakang dan ilmu yang berbeda," ujarnya.

Ia menyampaikan saat ini sudah ada partai pemenang Pemilihan Umum di daerah itu menunjuk anggota DPRD terpilih sebagai pimpinan lembaga itu.

"Jika nanti sudah ada ketua dan wakil DPRD defenitif maka kami langsung membahas APBD Perubahan 2019," kata dia. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar