Tari Maraok, salah satu tari yang dilombakan di Padang Fair 2019

id Padang Fair 2019,HUT Kota Padang,Lomba Tari,Tari Minang

Tari Maraok, salah satu tari yang dilombakan di Padang Fair 2019

Penampilan peserta lomba tari Minangkabau tingkat anak-anak memeriahkan pameran Padang Fair 2019 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Padang ke-350. (ANTARA SUMBAR/Laila Syafarud)

PadangĀ  (ANTARA) - Lomba tari Minangkabau tingkat anak-anak memeriahkan pameran Padang Fair 2019 dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Padang ke-350. Salah satu tari yang dilombakan adalah Tari Maraok.

"Lomba tari Minangkabau ini diikuti oleh anak-anak tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Taman Kanak-kanak (TK) se-Kota Padang," kata salah seorang panitia lomba tari Minangkabau Injok di Padang, Jumat.

Ia juga mengatakan tujuan diadakan lomba ini ialah untuk mengapresiasi anak-anak yang giat mempelajari tari Minangkabau.

Selain itu dengan adanya lomba tari Minangkabau ini dapat melahirkan penari-penari berbakat di Minangkabau.

"Tentunya tari di Minangkabau tetap lestari karena generasi penerusnya selalu ada," ujar dia.

Jenis tari Minang yang dilombakan yakni tari tunggal berupa Tari Maraok dan Tari Panen untuk tingkat SD dan Tari Sewang untuk tingkat TK.

"Nantinya akan dipilih tiga penampil terbaik dengan memperoleh hadiah berupa uang tunai, tropi dan piagam penghargaan," sambung dia.

Sementara itu, menurut salah seorang dewan juri Rafi (39) para peserta lomba menguasai jenis tari yang mereka tampilkan.

"Bahkan kami bingung menentukan penampil terbaiknya," ujar dia.

Salah seorang peserta lomba tari Fiorenza (9) mengatakan sudah sering mengikuti lomba tari, bahkan pernah memenangkan lomba tingkat TK se-Kota Padang dan juara satu tingkat SD se-Sumbar.

Ia juga menguasai beragam jenis tari yakni tari payung, tari rantak, tari alang maraok, tari panen, tari sewang dan beberapa tari lainnya.

"Semoga penampilan kali ini memuaskan dan bisa terpilih sebagai penampil terbaik satu," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar