Akhirnya PAM di Saibi beroperasi, warga kembali nikmati air bersih

id air bersih,PAM Mentawai,sumber air

Akhirnya PAM di Saibi beroperasi, warga kembali nikmati air bersih

Jaringan dan kran milik PAM Saibi kembali beroperasi setelah tim teknis turun memperbaiki. (Ist)

Tuapejat (ANTARA) - Upaya pembenahan dan perbaikan jaringan air Pelayanan Air Minum (PAM) yang dilakukan oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kabupaten Kepulauan Mentawai di Desa Saibi Samukop, Kecamatan Siberut Tengah, akhirnya kembali baik dan beroperasi setelah sebelumnya ada jaringan pipa yang bocor.

“Setelah tim kita turun untuk mengecek ke lapangan, menemukan permasalahan terkendalanya kemudian diperbaiki dan pendistribusian air ke masyarakat sudah jalan sejak 21 Agustus 2019,” kata Kepala Bidang Kawasan dan Pemukiman, DPKP Kabupaten Kepulauan Mentawai Arjon Pasaribu, Jumat.

Arjon menjelaskan sebelumnya PAM di Saibi Samukop mengalami gangguan atau banyak jaringan pada pipa yang bocor sehingga permasalahan tersebut dapat diatasi dan kini sudah berfungsi kembali setelah menurunkan tim untuk mendeteksi kendala tersebut.

Kendala pengoperasian PAM yang ada di Desa Saibi Samukop tersebut hanya pada jaringan seperti pipa.

“Untuk bak reservoir dan sumber air tidak ada masalah, jadi kalau pun kita salurkan air sementara jaringan pipanya terganggu tidak akan dapat dinikmati masyarakat kita di sana,” katanya.

Penyaluran air bersih yang saat ini sudah kembali baik tersebut untuk sementara di wilayah Dusun Simoilalak, sedangkan ke pusat desanya akan dilakukan perbaikan secara bertahap.

“Kita sudah usulkan anggaran untuk perbaikan jaringannya pada DAK (Dana Alokasi Khusus), mudah-mudahan disetujui sehingga kedepan sudah bisa kita kerjakan,” kata Arjon.

Sumber air di Saibi Samukop tersebut berada di daerah Sikuret, atau antara Desa Saibi Samukop dan Dusun Simoilalak, untuk penyalurannya menggunakan sistem gravitasi.

“Jadi dari sumber air kemudian dipompa ke bak reservoir dulu baru kemudian disalurkan ke masyarakat dengan sistem gravitasi,” jelasnya.

Saat ini bak reservoir PAM Saibi berukuran 50 meter persegi yang dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum, Kabupaten Kepulauan Mentawai pada 2014 kemudian pada 2018 baru diserahkan ke Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP).

“Untuk ke depan kita juga akan merencanakan memperlebar bak reservoir menjadi 100 meter persegi, untuk pengembangan jaringan ke Dusun Sirisurak, juga hingga ke wilayah Subelen," kata Arjon.

Perbaikan jaringan PAM saat ini juga tidak hanya dilakukan di daerah Saibi Samukop, tetapi juga ada proses peningkatan kapasitas dan perbaikan reservoir di Simpang Mapaddegat, Sipora Utara.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar