Ingin bentuk fraksi sendiri, tiga legislator NasDem belum tergabung Fraksi di DPRD Solok Selatan

id zigo rolanda

Zigo Rolanda. (Antara)

Padang Aro, (ANTARA) - Partai NasDem yang memiliki tiga orang anggota di DPRD Solok Selatan, Sumatera Barat belum tergabung ke dalam fraksi yang ditetapkan pada sidang paripurna pembentukan fraksi yang digelar Jumat (23/8).

"Dari tiga anggota dewan dari Nasdem satu di antaranya yaitu Sabri belum dilantik, sedangkan partai tersebut tidak mau bergabung dengan fraksi lain, dan ingin membentuk fraksi sendiri sehingga penetapan Fraksi Nasdem baru bisa dilaksanakan setelah satu anggotanya tersebut dilantik," kata Ketua DPRD Solok Selatan sementara Zigo Rolandadi Padang Aro, Jumat.

Anggota dewan dari Nasdem yang belum dilantik itu karena saat prosesi pengambilan sumpah ia sedang melaksanakan ibadah haji.

Saat sidang ada berbagai pendapat dari anggota DPRD seperti menunggu pelantikan salah seorang perwakilan Nasdemitu atau ia bergabung dengan fraksi yang sudah dibentuk.

Pelantikan perwakilan Nasdem ini katanya, akan dilaksanakan oleh ketua DPRD defenitif setelah itu baru bisa Nasdem membuat fraksi sendiri.

Wakil Ketua DPRD sementara Ali Sabri Abas menilai untuk sidang penetapan fraksi hanya boleh dua kali, dan kalau Nasdem belum menentukan sikap maka percuma sidang dilaksanakan.

Sikap Nasdem tersebut bisa seperti bergabung dengan fraksi lain selama 2,5 tahun, setelah itu baru dibentuk fraksi lagi.

"Kalau dipaksakan penetapan fraksi hari ini maka dua anggota DPRD dari Nasdem mau jadi apa, sebab tidak tahu fraksinya dimana," katanya.

Menurut salah seorang anggota DPRD Armen Syahjohan, agenda sidang adalah pembentukan fraksi tetapi ada satu partai yang belum masuk fraksi sehingga perlu dicari aturannya terlebih dahulu sebelum ditetapkan

"Apabila salah satu parpol belum mendaftarkan anggotanya dalam fraksi, maka bisa tercecer pembentukan alat kelengkapan dewan karena semua saling terkait," ujarnya.

Setiap anggota DPRD katanya, harus masuk dalam fraksi jadi kalau ada anggota yang belum tergabung maka ia tidak bisa mendapatkan hak sebagai anggota komisi.

Namun demikian DPRD Solok Selatan tetap menetapkan fraksi tanpa ada angota dewan dari Nasdem di dalamnya.

Pada sidang paripurna pembentukan fraksi ada enam fraksi yang ditetapkan sesuai dengan surat dari partai politik.

Fraksi yang ditetapkan yaitu Fraksi Golkar yang terdiri dari keterwakilan partai Golkar sebanyak empat orang yaitu Zigo Rolanda, Afrizal Candra, Syahril, Roni Ismaji, dan dari PPP Afrizal Dt Rajo jalil.

Selanjutnya Fraksi PAN yang anggotanya hanya dari partai bersangkutan yaitu Ade Vernanda, Ali Sabri Abas, Mesi Iswanto dan Yendri Susanto.

Seterusnya Fraksi Gerindra yang anggotanya juga dari satu partai Armen Syahjohan, Abu Suib, David Taster dan Afrinaldi Ali.

Selanjutnya Fraksi PKS dengan anggota hanya dari PKS yaitu, Solikhin, Mon Nofrizal dan Dedi Arisandi.

Seterusnya fraksi Bintang Demokrat yang merupakan gabungan antara partai Demokrat dan PBB dengan anggota Albert Arifin, Dede Pasarela, Wahyu Hidayat.

Terakhir fraksi Kebangkitan bangsa berkarya yang merupakan gabungan antara PKB dan Berkarya dengan keanggotaan, Mukhlis, Edi Susanto dan Marwan Efendi. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar