Muswil VII, LDII Sumbar bahas peluang penerapan ekonomi syariah

id LDII,LDII Sumbar,Ekonomi Syariah

Wakil Ketua DPW LDII Ir H Gustav (duduk kiri) bersama pengurus harian selepas jumpa pers terkait pelaksanaan Muswil VII LDII Sumbar di Padang, Kamis (Istimewa)

Padang (ANTARA) - DPW Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Sumatera Barat akan membahas peluang penerapan ekonomi syariah di daerah itu dalam Musyawarah Wilayah (Muswil) VII yang akan dilaksanakan pada Senin (26/8).

Wakil Ketua DPW LDII Sumatera Barat Gustav di Padang, Kamis mengatakan agenda Muswil VII beragam mulai dari pergantian pengurus hingga membahas isu - isu strategis seperti peluang ekonomi syariah di Sumbar, cara mempersiapkan generasi muda menghadapi era revolusi industri 4.0

"Selain pergantian ketua, banyak isu yang akan bahas dengan mendatangkan berbagai narasumber dari akademisi, calon anggota DPRD terpilih dan pelaku perbankan syariah," ujarnya.

Selain itu pihaknya juga akan membahas cara mempersiapkan sumber daya manusia religius di era revolusi industri 4.0, keduanya merupakan bentuk kontribusi lembaga dakwah tersebut kepada daerah.

"Nanti dari sekian banyak agenda akan kami simpulkan dan rekomendasikan langkah yang dapat dilakukan untuk merealisasikan penguatan ekonomi syariah di Sumbar kepada pemerintah dan pihak terkait," terangnya.

Sementara itu, Sekretaris DPW LDII Sumbar, M Ari Sultoni mengatakan Muswil VII akan dikuti lebih kurang 250 peserta yang terdiri dari pengurus dan mubaligh dari 16 kabupaten dan kota di Sumbar.

Ia mengatakan kegiatan ini mengangkat tema "Pembinaan SDM Profesional Religius di Era Revolusi Industri 4.0 dan Mendukung Pelaksanaan Ekonomi Syariah di Sumatera Barat".

Terkait penerapan ekonomi syariah di Sumatera Barat yang masih setengah hati juga menjadi fokus pembahasan. Pihaknya akan terus berupaya mendorong ekonomi syariah tumbuh berkembang lebih baik dari tahun ke tahun.

Apalagi mayoritas masyarakat Sumbar muslim serta falsafah adat Minangkabau Adat Basandi Syara, Syara Basandi Kitabullah, seharusnya penerapan ekonomi syariah lebih berkembang pesat dibandingkan daerah lain," katanya.

"Dalam Muswil ini kami juga akan menyampaikan usulan beberapa kluster pembangunan kepada pemerintah daerah dalam melakukan pembangunan ke depannya," katanya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar