ACT galang donasi untuk bantu sediakan air bersih atasi dampak kekeringan

id ACT Sumbar,Pendistribusian air bersih,kekeringan

Penyaluran air bersih oleh ACT di salah satu daerah yang dilanda kekeringan. (Dokumentasi ACT)

Padang (ANTARA) - Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggalang bantuan untuk menyalurkan bantuan air bersih bagi msyarakat menanggulangi dampak kekeringan yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia.

Staf Program ACT Sumatera Barat Aan Saputra dalam keterangannya diterima di Padang, Kamis, mengatakan meski Sumbar belum terdampak kekeringan, pihaknya mengajak masyarakat setempat memberikan dukungan mengatasi masalah yang telah terjadi di beberapa daerah lain di Indonesia.

Bantuan dapat disalurkan melalui laman bit/ly/DermawanPadangAtasiKekeringan atau melalui rekening BNI Syariah 8660 2910 1908 0082, Mandiri 127 000 77 21242, BRI 0382 01 000 769 305 atas nama Aksi Cepat Tanggap.

Ia menjelaskan ACT menargetkan mendistribusikan 2,1 juta liter air bersih setiap hari di 28 cabang lembaga tersebut yang disuplai menggunakan mobil water tank untuk total penerima manfaat sebanyak 500.000 keluarga.

Kemudian dalam empat bulan terakhir, ACT telah memproses 1.400 sumur wakaf di seluruh Indonesia guna memudahkan masyarakat memperoleh air.

Air bersih umumnya digunakan masyarakat untuk kebutuhan primer yaitu minum dan memasak.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hingga awal Agustus 2019 beberapa wilayah sudah mengalami kekeringan karena tidak hujan selama 90 hari.

Kondisi tersebut berdampak lanjutan terhadap keringnya lahan pertanian dan kekurangan kebutuhan air bersih bagi masyarakat.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar