Keramba rencana diangkat September, Maninjau 2020 bersih

id Nasrul Abit,Danau Maninjau,Keramba Jaring Apung

Keramba rencana diangkat September, Maninjau 2020 bersih

Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp)

Padang (ANTARA) - Danau Maninjau di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, ditargetkan bisa bersih dari keramba jaring apung pada 2020 agar bebas dari pencemaran.

"Rencananya pengangkatan keramba itu akan dimulai September ini. Ditargetkan 2020 semua telah bersih sehingga pemulihan Danau Maninjau dari pencemaran bisa dilakukan," kata Wakil Gubernur SumbarNasrul Abit usai rapat koordinasi dengan pemkab Agam dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Padang, Kamis.

Ia mengatakan jumlah keramba yang diangkut menyesuaikan dengan anggaran yang sudah disediakan oleh Pemkab Agam, yakni Rp500 juta. Pelaksanaannya akan dibantu oleh TNI.

Merujuk anggaran yang terbatas itu, keramba yang akan diangkat itu diprioritaskan yang dimiliki oleh pengusaha besar, sementara keramba milik perorangan akan dilakukan belakangan.

"Saat ini kami dengan Pemkab Agam sedang mencarikan alternatif mata pencaharian yang lain bagi pemilik keramba perorangan. LIPI siap memberikan pelatihan bagi masyarakat tersebut," katanya.

Saat ini jumlah keramba yang ada di Danau Maninjau diperkirakan berjumlah 17.000, sedangkan daya tampung hanya 6.000 keramba.

Akibatnya sisa makanan ikan yang turun ke dasar danau menumpuk dan menjadi penyebab pencemaran air danau yang bewarna kehijauan dan berbau.

Bahkan, pada saat cuaca buruk kondisi air bisa berubah dengan cepat hingga mengakibatkan kematian massal bagi ikan budi daya masyarakat di keramba.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar