Puncak HUT RI di kantor Kemendagri, Tjahjo Kumolo baca puisi karya Sukarno

id Mendagri, tjahjo kumolo, puisi sukarno, aku melihat indonesia

Puncak acara HUT Ke-74 RI di lingkungan Kementerian Dalam Negeri, Senin (19/8) malam. (ANTARA/Dyah Dwi)

Jakarta, (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo membacakan puisi bertajuk "Aku Melihat Indonesia" karya Presiden pertama Indonesia Sukarnopada acara puncak HUT Ke-74 RI di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Senin (19/8) malam.

"Saya akan membacakan puisi saja. Puisi ini ditulis oleh Bung karno, proklamotor sekaligus presiden pertama kita, yang berjudul 'Aku Melihat Indonesia'," ujar Tjahjo yang mengenakan setelan hitam dan dasi merah.

Berikut teks puisi lengkap "Aku Melihat Indonesia" karya Bung Karno:

Jikalau aku berdiri di Pantai Ngliyep/Aku mendengar lautan Hindia bergelora/Membanting di Pantai Ngliyep itu/Aku mendengar lagu, sajak Indonesia.

Jikalau aku melihat sawah-sawah yang menguning menghijau/Aku tidak melihat lagi batang-batang yang menguning menghijau/Aku melihat Indonesia.

Jikalau aku melihat gunung-gunung/Gunung Merapi, Gunung Semeru, Gunung Merbabu, Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Kelebet dan gunung-gunung yang lain/Aku melihat Indonesia.

Jikalau aku mendengarkan lagu-lagu yang merdu dari Batak/Bukan lagi lagu Batak yang ku dengarkan/Aku mendengar Indonesia.

Jikalau aku mendengarkan pangkur palaran/Bukan lagi Pangkur Palaran yang kudengarkan/Aku mendengar Indonesia.

Jikalau aku mendengarkan lagu Olesio dari Maluku/Bukan lagi aku mendengarkan lagu Olesio/Aku mendengar Indonesia.

Jikalau aku mendengarkan burung perkutut menyanyi di pohon ditiup angin yang sepoi-sepoi/Bukan lagi aku mendengarkan burung perkutut/Aku mendengarkan Indonesia.

Jikalau aku menghirup udara ini/Aku tidak lagi menghirup udara/Aku menghirup Indonesia.

Jikalau aku melihat wajah anak anak di desa desa dengan mata yang berbinar-binar/Aku bukan lagi melihat mata manusia/Aku melihat Indonesia.

Pada malam puncak perayaan itu, hadiah kepada pemenang lomba 17-an yang telah dilakukan sebelumnya, diserahkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Hadi Prabowo.

Pemenang menyanyi dan membuat koreografi serta menari tampil pada acara malam tersebut. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar