Puluhan Peselancar di Pariaman Gelar Upacara di Laut

id Upacara

Puluhan Peselancar di Pariaman Gelar Upacara di Laut

Peselancar di Kota Pariaman, Sumbar yang tergabung ke dalam Pariaman Surfer Family (PSF) mengibarkan Bendera Merah Putih di laut kota itu atau dekat dengan objek wisata Pantai Gandoriah. (ANTARA SUMBAR/ist)

Pariaman (ANTARA) - Puluhan peselancar di Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) yang tergabung ke dalam Pariaman Surfer Family (PSF) menggelar upacara pengibaran Bendera Merah Putih di laut kota itu atau dekat dengan objek wisata Pantai Gandoriah.

"Tidak ada perbedaan susunan kegiatan antara upacara yang kami lakukan ini dengan upacara yang dilakukan di darat, bedanya hanya lokasi saja," kata Ketua PSF Rasyid di Pariaman, Sabtu.

Namun, ia mengklaim upacara di laut tersebut merupakan yang pertama kali dilakukan di Sumbar dengan melibatkan puluhan peselancar di Kota Pariaman.

Karena pertama kali dilakukan, lanjutnya maka kegiatan latihannya dilakukan selama seminggu tersebut menjadi perhatian warga dan wisatawan yang berkunjung ke Pantai Gandoriah.

"Semoga melalui kegiatan ini pesan untuk mencintai laut kepada masyarakat tersampaikan," katanya.

Mencintai laut tersebut yaitu salah satunya dengan tidak merusak ekosistemnya agar tidak rusak dan tidak membuang sampah ke sungai dan laut.

Apalagi laut di Kota Pariaman digunakan untuk wisata yang dikenal keindahan dan keasriannya sehingga menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Sumbar.

"Kesempatan ini juga kami gunakan untuk meminta perhatian Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman," ujarnya.

Ia menyampaikan saat ini pihaknya kesulitan mencari lokasi berselancar dengan durasi ombak panjang sehingga dirinya meminta agar Pemko Pariaman untuk membangun batu grip guna mengarahkan ombak.

Akibat keterbatasan tersebut, lanjutnya anggota komunitas yang terdiri dari sekitar 50 orang itu hanya bisa berlatih dengan memanfaatkan ombak ketika cuaca buruk.

Padahal, lanjutnya komunitas tersebut telah berdiri semenjak 2004 dan semenjak itu pihaknya telah memiliki pemuda berbakat untuk menjadi atlet.

"Jadi kami minta dukungan Pemko untuk olahraga yang banyak digemari oleh pemuda Pariaman ini," kata dia. (*)
Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar