Tingkatkan SDM,Makna Kemerdekaan bagi Pariaman

id Pariaman

Tingkatkan SDM,Makna Kemerdekaan bagi Pariaman

Pasukan Pengibar Bendara Kota Pariaman, Sumbar mengibarkan bendera Merah Putih saat Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 RI di Pariaman, Sabtu. (Antara Sumbar/Aadiaat M.S) (ANTARA SUMBAR/Aadiaat MS)

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat memaknai kemerdekaan dengan terus meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di daerah itu baik dari segi pendidikan maupun pelayanan kesehatan.

"Kami memiliki program untuk meningkatkan SDM di Pariaman," kata Walikota Pariaman Genius Umar usai Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 RI di Pariaman, Sabtu.

Ia mengatakan adapun program untuk pendidikan yaitu wajib belajar 12 tahun dan Satu Rumah Satu Sarjana (Saga Saja).

Ia menjelaskan dengan wajib belajar 12 tahun tersebut maka biaya pendidikan siswa SD dan SMP di Kota Pariaman gratis sedangkan untuk siswa SMA sederajat disubsidi melalui APBD.

Sedangkan program Saga Saja yaitu memberikan beasiswa kepada pemuda tamat SMA sederajat yang berasal dari keluarga ekonomi kurang mampu di daerah itu untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Selain pendidikan, lanjutnya pihaknya juga berupaya agar seluruh warga di Kota Pariaman terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat.

"Saat ini masih ada warga miskin yang belum terdaftar di sini, maka tahun depan kami targetkan semua warga miskin bisa diasuransikan," katanya.

Ia mengatakan jika tema kemerdekaan secara nasional yaitu "SDM Unggul dan Indonesia Jaya" maka pihaknya mengubahnya untuk diterapkan di Pariaman menjadi "SDM Unggul, Indonesia Jaya, dan Pariaman Maju".

Selain meningkatkan SDM, lanjutnya pihaknya juga tetap memperhatikan veteran melalui dinas terkait guna menghargai jasa-jasanya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

"Kami sering melakukan pertemuan dengan veteran ini sekadar menjaga silaturahmi," ujarnya.(*)