Peringati HUT ke-74 RI, warga Pontianak kibarkan bendera merah putih di Sungai

id hut RI 2019

Peringati HUT ke-74 RI, warga Pontianak kibarkan bendera merah putih di Sungai

Berbagai Komunitas di Pontianak membentangkan bendera merah putih berukuran "raksasa" atau besar di Jembatan Kapuas I sebagai simbol perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. (Foto Mawardi)

Pontianak, (ANTARA) - Ribuan warga di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu, melakukan upacara dan mengibarkan bendera merah putih dalam memperingati HUT ke-74 RI di atas Sungai Kapuas atau sungai terpanjang di Indonesia.

"Alhamdulillah upacara pengibaran bendera merah putih di atas Sungai Kapuas tahun ini berjalan dengan sukses dan lancar," kata Ketua Panitia Penyelenggaran Pengibaran Bendera Merah Putih Pontianak, Azrul di Pontianak, Sabtu.

Ia menjelaskan, upacara itu dalam rangka HUT RI baru pertama kali digelar di Kota Pontianak, yang diikuti oleh sebanyak 90 komunitass dan masyarakat sekitar Sungai Kapuas Pontianak.

"Upacara ini kami gelar, karena Sungai Kapuas penuh dengan sejarah, dan mudah-mudahan terus menimbulkan semangat kecintaan masyarakat terhadap NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia)," ujarnya.

Motto kami (para komunitas dari berbagai relawan yang ada di Pontianak) dengan upacara di atas Sungai Kapuas ini, maka dari Pontianak untuk Indonesia, ujarnya.

Selain melakukan upacara pengibaran bendera merah putih di atas Sungai Kapuas Pontianak, para komunitas dari berbagai relawan tersebut juga membentangkan bendera merah putih berukuran "raksasa" atau besar di Jembatan Kapuas I sebagai simbol perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Azrul menambahkan, digelarnya upacara pengibaran bendera merah putih di atas Sungai Kapuas, karena pihaknya juga ingin mengangkat kearifan lokal, salah satunya Sungai Kapuas tersebut.

Dari pantauan di lapangan, meskipun kabut asap cukup tebal, masyarakat yang mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih tersebut tampak sangat antusias. (*)