Obat kanker siswa SMA viral, masyarakat Palangka Raya berburu akar bajakah untuk dijual

id akar bajakah,obat kanker,palangkaraya,siswa SMA

Obat kanker siswa SMA viral, masyarakat Palangka Raya berburu akar bajakah untuk dijual

Penjual akar bajakah dadakan di bilangan Jalan RTA Milono Km 6, Kota Palangka Raya mulai bermunculan, Kamis (15/8/19). (Foto Istimewa)

Palangka Raya, (ANTARA) - Masyarakat Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah antusias berburu dan membeli akar bajakah atau obat tradisional yang dianggap mampu penyembuhkan penyakit kanker berdasarkan hasil temuan tiga pelajar Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Palangka Raya. I

nformasinya akar Bajakah tersebut bukan hanya mampu menyembuhkan kanker, tapi juga berbagai penyakit lainnya, kata salah seorang warga Jalan RTA Milono Km 5,5 Kota Palangka Raya Diah, Kamis.

"Jadi, saya ikut membeli akar Bajakah dari salah seorang pedagang di kawasan RTA Milono. Saya belinya untuk konsumsi sendiri saja mas," beber dia.

Dia mengaku mendapat informasi dari pedagang tersebut bahwa akar Bajakah yang dijual, di ambil dari dalam hutan dan tidak dengan cara sembarangan, melainkan ada ritual, sehingga fungsi akar Bajakah yang dimanfaatkan menjadi obat tradisional bisa di konsumsi bagi mereka yang terkena penyakit.

Baca juga: Pakar: temuan akar Bajakah untuk melawan sel kanker masih tahap awal

Diah mengatakan adanya pemberitaan di sejumlah media lokal Kalteng hingga nasional mengenai khasiat ramuan obat tersebut, banyak para pedagang dadakan menjual batang ataupun akar Bajakah di sejumlah tempat.

"Sejak adanya pemberitaan mengenai khasiat ramuan obat Bajakah bisa menyembuhkan penyakit kanker, banyak masyarakat yang menjual bahan obat tradisional tersebut yang mereka dapatkan dari hutan Kalimantan Tengah," katanya.

Wanita yang sehari-harinya senang mengenakan krudung itu menambahkan, mengenai harga jual akar tersebut bervariasi dari harga Rp50-100 perkilogramnya ataupun perbatangnya.

"Ya masyarakat membeli akar Bajakah itu dengan maksud membuktikan khasiatnya secara langsung, makanya masyarakat berbondong-bondong membeli benda tersebut," kata Diah.

Hal senada juga di katakan Dodi, pria berumur 33 tahun tersebut membeli akar Bajakah kepada seorang warga yang berada di Jalan Beliang Kota Palangka Raya dengan harga Rp100 ribu satu meternya.

Baca juga: Mengenali tiga jenis tumbuhan obat kanker

Dia mengungkapkan, akar Bajakah yang dibelinya didapat dari hutan di luar daerah itu. Mengenai khasiatnya memang benar, batang tersebut bisa menyembuhkan segala penyakit manusia.

"Sebelum di konsumsi batang tersebut di bersihkan kemudian akarnya direbus sampai airnya mendidih, setelah airnya didinginkan lalu diminum," kata Dodi.

Berdasarkan pantauan di lapangan, benda tersebut juga banyak di jual melalui media sosial baik Facebook, serta lain sebagainya. (*)