Yakesma salurkan kurban hingga ke pelosok

id kurban yakesma,Hari Raya Kurban,Yakesma

Pendistribusian hewan kurban Yakesma di Sumbar (Antara Sumbar/istimewa)

Padang, (ANTARA) - Lembaga Amil Zakat Nasional Yakesma Cabang Sumatera Barat kembali hadir di tengah masyarakat dalam program Sebar Hewan Kurban pada Idul Adha 1440 Hijriah.

"Program yang bertajuk “Bersyukur Dengan Kurban” sebagai bagian dari upaya memperkecil kesenjangan dalam pendistribusian, kami menyalurkan hewan kurban ke beberapa daerah pelosok dan pinggiran yang tersebar di Sumatera Barat," kata Kepala Cabang Yakesma SumbarSyafri di Padang, Rabu melalui siaran pers yang diterima Antara Sumbar.

Menurut dia jumlah kurban selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun karena meningkatnya pemahaman dan kesadaran umat Islam tentang keutamaan berkurban yang semakin baik.

Namun persoalan yang muncul saat ini belum adanya pemerataan pendistribusian hewan kurban, melimpah di perkotaan sementara daerah pelosok dan pinggiran kekurangan daging kurban, ujarnya.

Ia menyampaikan berkat dukungan dan kepercayaan masyarakat yang berkurban, alhamdulillah tahun ini Yakesma Cabang Sumatera Barat telah menyalurkan hewan kurban sebanyak 17 ekor sapi dan 6 ekor kambing.

Kurban dikirim ke beberapa daerah pelosok dan pinggiran di Sumatera Barat seperti Jorong Liki Nagari Lubuk Gadang Selatan kabupaten Solok Selatan, Pasie Laweh kecamatan Palupuh Kabupaten Agam, dan lainnya.

Tidak ketinggalan Nagari Garabak Data Kecamatan Tigo Lurah, Kabupaten Solok yang merupakan salah satu daerah belum bisa dilalui kendaraan roda empat .

Untuk menempuh daerah ini, relawan Yakesma berjalan kaki mengitari perbukitan sejauh 15 kilometer. Garabak Data dengan penduduk lebih kurang 2.600 jiwa hidup dari hasil pertanian, masih belum tersentuh dengan akses transportasi dan komunikasi.

Yakesma mengucapkan terima kasih kepada donatur yang telah memberikan kepercayaan dan dukungan program Sebar Hewan Kurban untuk masyarakat pelosok.

Salah seorang tokoh masyarakat setempat bapak Mawardi Datuk Rajo Sampono bersyukur dengan adanya kurban bantuan Yakesma dan berharap tahun yang akan datang bisa dilanjutkan lagi.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar