Kembar siam Aqila-Azila berhasil dipisahkan setelah lima jam operasi

id kembar siam,surabaya

Kembar siam Aqila-Azila berhasil dipisahkan setelah lima jam operasi

Ibu bayi kembar siam dempet dada dan perut (thoracoabdomino phagus) asal Kendari, Sulawesi Tenggara, Aqila dan Azila menerima penjelasan tim dokter saat operasi pemisahan di RSUD Dr Soetomo, Rabu (14/8/2019). (ANTARA Jatim/Willy Irawan)

Surabaya, (ANTARA) - Tim dokter Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo, Surabaya, Rabu pada pukul 11.55 WIB atau lima jam operasi berhasil memisahkan bayi kembar siam dempet dada dan perut (thoracoabdomino phagus) asal Kendari, Sulawesi Tenggara, Aqila dan Azila.

Ketua Tim Penanganan Kembar Siam RSUD Dr Soetomo dr Agus Harianto di Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) mengatakan operasi separasi pemisahan Aqila dan Azila berjalan lancar.

"Alhamdulillah, Aqila dan Azila berhasil dipisahkan. Semuanya lancar," kata dia.

Dia mengemukakan, saat ini kedua bayi sudah dibawa ke kamar masing-masing untuk menjalani operasi rekonstruksi.

Wakil Ketua Tim Penanganan Kembar Siam RSUD Dr Soetomo dr Poerwadi menjelaskan, sebelumnya tim dokter berhasil melakukan operasi pemisahan liver pada pukul 10.40 WIB.

Baca juga: Bayi kembar siam dempet dada dan perut asal Kendari jalani operasi pemisahan di Surabaya

Bayi dengan penanda warna hijau yakni Aqila, lanjut dr Poerwadi mengalami hernia umbilica atau tali pusar bolong dan ususnya masuk ke dalam, sehingga saat operasi tali pusar diberikan ke bayi hijau. Sementara bayi kuning Azila akan dibuatkan tali pusar.

"Alhamdulilah, jam 10.40 tadi liver dan dinding perut Aqila dan Azila berhasil kami pisahkan, tetapi bayi hijau ada hernia umblicia nanti kami perbaikin sedangkan bayi kuning kami kasih pusar-pusar buatan," katanya.

Dia mengemukakan, kondisi Aqila dan Azila saat pembedahan stabil dan pendaharan selama operasi minim hanya sekitar 10 cc.

Poewardi sempat mengkhawatirkan mengenai selaput jantung yang dapat mepengaruhi berjalannya operasi.

"Sebab apabila selaput jantungnya Aqila dan Azila terpisah operasinya akan berjalan dengan mudah dan cepat. Namun jika selaputnya tidak terpisah maka salah satu jantung artinya akan bolong," katanya. (*)