Payakumbuh satu-satunya di Sumbar yang miliki detail RTRW hingga skala 1:5000 (Video)

id muslim

Payakumbuh satu-satunya di Sumbar yang miliki detail RTRW hingga skala 1:5000 (Video)

Kadis PUPR Payakumbuh, Muslim. (Antara Sumbar/Syafri Ario)

Payakumbuh, (ANTARA) - Pemerintah Kota Payakumbuh, Sumatera Barat satu-satunya kabupaten dan kota di Sumatera Barat yang memiliki detail rencana tata ruang dan wilayah (RTRW) dalam skala 1:5000.

"Rencana tata ruang dan wilayah sangat detail, skala 1:5000 hanya Payakumbuh di Sumbar yang telah miliki RTRW itu," kata Kepala Dinas PUPR Kota Payakumbuh Muslim di Payakumbuh, Rabu.

Detail RTRW tersebut tertuang dalam revisi Peraturan Daerah (Perda) RTRW terbaru yakni Perda No.3 tahun 2018 dimana di sana juga mengakomodir untuk rencana strategis nasional dan dinamika pembangunan Kota Payakumbuh.

"Jadi kita lakukan revisi untuk mengakomodir sejumlah proyek nasional di Payakumbuh seperti pembangunan Jalan Tol dan Rel Kereta Api," ujarnya.

Dinas PUPR juga saat ini tengah menyosialisasikan kepada masyarakat untuk mematuhi aturan Perda RTRW tersebut yang juga menjadi perhatian khusus Wali Kota Payakumbuh.

"RTRW ini memang menjadi perhatian khusus bagi wali kota karena Payakumbuh saat ini sedang berbenah dengan banyaknya pembangunan infrastruktur," jelasnya.

Ia mengatakan dari rencana itu apa pun yang akan dibangun harus mengacu ke RTRW dalam rangka menciptakan lingkungan yang nyaman dan tertata di Kota Payakumbuh.

"Kalau tidak dikendalikan dari sekarang akan terjadi kesemrawutan dan banyak masalah di kemudian hari," ujarnya.

Sebelumnya Dinas PUPR telah melakukan eksekusi penyegelan dan pembongkaran karena ditemukan bangunan yang tak sesuai RTRW.

"Jadi kami tegas dalam penataan ruang, masyarakat harus dibina dan ditindak tegas hingga tindakan penyegelan dan pembongkaran," kata Muslim. (*)