Ini dia sembilan partai peraih kursi DPRD Sumbar, Gerindra pemenang dengan 14 kursi

id Pleno KPU Sumbar

Rapat pleno penetapan perolehan kursi partai politik dan penetapan calon terpilih anggota DPRD Sumbar hasil pemilu 2019 di Hotel Mercure Padang, Rabu pagi. (Antara Sumbar/Mario SN)

Padang, (ANTARA) - Sembilan partai politik memastikan diri mendapatkan kursi di DPRD Sumatera Barat periode 2019-2024 dalam rapat pleno penetapan perolehan kursi partai politik pemilu 2019 di Hotel Mercure Kota Padang, Sumatera Barat pada Rabu pagi.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat Amnasmen di Padang, Rabu mengatakan dari 16 partai yang menjadi peserta pemilu legislatif 2019 di Sumatera Barat hanya sembilan partai yang berhasil meraih kursi di DPRDSumbar.

Kesembilan partai tersebut adalah Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Golkar.

Kemudian PDI Perjuangan, Partai Nasdem dan Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Persatuan Pembangunan.

Baca juga: KPU plenokan penetapan calon terpilih anggota DPRD Sumbar

Partai Gerindra sendiri keluar sebagai pemenang dengan 14 kursi yang terdiri dari tiga kursi di daerah pemilihan Sumbar I, dua kursi dari daerah pemilihan Sumbar II, Sumbar IV, Sumbar V, Sumbar VI dan satu kursi di daerah pemilihan Sumbar III, Sumbar VII dan Sumbar VIII.

Kemudian Partai Keadilan Sejahtera dengan 10 kursi, Partai Demokrat dengan 10 kursi dan Partai Amanat Nasional dengan 10 kursi.

Selanjutnya Partai Golkar dengan delapan kursi,Partai Persatuan Pembangunan dengan empat kursi, PDI Perjuangan dengan tiga kursi.

Baca juga: Mantan Wako Bukittinggi Ismet Amziz jadi calon anggota DPRD Sumbar terpilih dengan suara terbanyak

Kemudian Partai Nasdem dengan tiga kursi dan Partai Kebangkitan Bangsa dengan tiga kursi.

"Total ada 65 kursi yang ada di DPRD Sumbar. Selanjutnya hasil ini akan kita sampaikan kepada Gunernur Sumbar agar ditindaklanjuti ke Kemendagri," kata dia. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar