Mantan Wako Bukittinggi Ismet Amziz jadi calon anggota DPRD Sumbar terpilih suara terbanyak

id Ismet Amziz ,DPRD Sumbar,KPU Sumbar

Mantan Wako Bukittinggi Ismet Amziz jadi calon anggota DPRD Sumbar terpilih suara terbanyak

Ismet Amziz. (Antara Sumbar)

Padang, (ANTARA) - Mantan Wali Kota Bukittingi Ismet Amziz berhasil keluar sebagai calon anggota DPRD Sumbar terpilih dari Pemilu Legislatif 2019 dengan suara terbanyak yakni 29.782 suara.

Ketua KPU Sumatera Barat Amnasmen saat rapat pleno di Padang, Rabu, mengatakan suara terbanyak diraih Ismet Aziz dari Partai Demokrat dan suara terkecil diraih caleg dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat menggelar rapat pleno penetapan perolehan kursi partai politik dan penetapan calon terpilih anggota DPRD Sumbar hasil pemilu 2019 di Hotel Mercure, Rabu pagi.

Rapat tersebut dipimpin Ketua KPU Sumbar Amnasmen yang didampingi komisioner KPU Sumbar Gebril Daulai, Yanuk, Indra Nova dan Izwaryani serta Bawaslu dan jajaran Forkopimda.

KPU menetapkan sembilan dari 16 partai yang mendapatkan kursi di DPRD Sumatera Barat dari hasil pemilu 2019.

Kesembilan partai tersebut adalah Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional, Partai Golkar.

Kemudian PDI Perjuangan, Partai Nasdem dan Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Persatuan Pembangunan.

Partai Gerindra sendiri keluar sebagai pemenabg dengan 14 kursi yang terdiri dari tiga kursi di daerah pemilihan Sumbar I, dua kursi dari daerah pemilihan Sumbar II, Sumbar IV, Sumbar V, Sumbar VI dan satu kursi di daerah pemilihan Sumbar III, Sumbar VII dan Sumbar VIII.

Kemudian Partai Keadilan Sejahtera dengan 10 kursi, Partai Demokrat dengan 10 kursi dan Partai Amanat Nasional dengan 10 kursi.

Selanjutnya Partai Golkar dengan delapan kursi,Partai Persatuan Pembangunan dengan empat kursi, PDI Perjuangan dengan tiga kursi.

Kemudian Partai Nasdem dengan tiga kursi dan Partai Kebangkitan Bangsa dengan tiga kursi.

"Total ada 65 kursi yang ada di DPRD Sumbar. Selanjutnya hasil ini akan kita sampaikan kepada Gunernur Sumbar agar ditindaklanjuti ke Kemendagri," kata dia. (*)