KPU Pesisir Selatan evaluasi fasilitasi kampanye Pemilu 2019

id KPU Pesisir Selatan

KPU Pesisir Selatan evaluasi fasilitasi kampanye Pemilu 2019

Kegiatan evaluasi fasilitasi kampanye oleh KPU Pesisir Selatan. (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra)

Painan (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengevaluasi fasilitasi kampanye pemilu 2019 yang dihadiri oleh beberapa unsur mulai dari Bawaslu setempat, TNI, Polri, perwakilan partai politik dan lainnya.

"Kegiatan ini digelar sebagai bahan evaluasi dan masukan guna menyonsong pemilu kedepan," kata Divisi Hukum, KPU Pesisir Selatan, Lili Suryani di sela-sela kegiatan tersebut di Painan, Selasa.

Ia menambahkan kegiatan tersebut tidak hanya digelar oleh KPU Pesisir Selatan, namun juga KPU lainnya di Indonesia baik kabupaten/kota ataupun provinsi.

"Hasil dari kegiatan ini akan dilaporkan ke KPU pusat, selanjutnya akan dijadikan sebagai landasan dalam mengambil kebijakan oleh pimpinan," katanya lagi.

Selain itu katanya kegiatan tersebut juga untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan dalam pelaksanaan fasilitasi kampanye.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Pesisir Selatan, Erman Wadison menyebutkan fasilitasi kampanye pemilu presiden dan wakil presiden, DPD, DPR hingga DPRD provinsi, kabupaten dan kota berjalan dengan baik terutama dalam hal alat peraga kampanye.

"Kami tidak menemukan alat peraga kampanye yang difasilitasi KPU yang bermasalah, yang bermasalah itu ialah alat peraga kampanye di luar itu," katanya.

Hanya saja ia berharap kedepan KPU lebih memberikan penekanan tentang aturan penertiban, siapa yang melakoni dan bagaimana prosesnya.

"Di aturan yang kemarin sangat jelas bahwa kewenangannya ada di Bawaslu dan Satpol PP namun tidak penyebutan yang jelas, padahal dalam pelaksanaanya dibutuhkan anggaran, hal tersebut menurut saya mesti menjadi catatan dalam perumusan aturan kedepan," katanya lagi.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar