Gelombang tinggi kikis bibir Pantai Kata Pariaman, tumbangkan pohon cemara dan merusak jalan

id abrasi pantai Kata pariaman,pariaman,sumbar

Sebuah pohon tumbang di Pantai Kata di Kota Pariaman akibat abrasi yang terjadi sekitar dua minggu lalu. (Antara Sumbar/Aadiaat M.S)

Pariaman, (ANTARA) - Gelombang tinggi yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir menghampiri Pantai Kata di Kota Pariaman, Sumatera Barat, menyebabkan bibir pantai terkikis, menumbangkan pohon-pohon cemara di tepi pantai, dan mengakibatkan bagian jalan di pinggir pantai rusak.

"Kejadian ini sudah mulai sekitar dua minggu lalu, namun semakin lama semakin mengikis bibir pantai di sini," kata salah seorang warga di kawasan Pantai Kata Mawarni di Pariaman, Selasa.

Meskipun abrasi tersebut tidak mempengaruhi kunjungan wisatawan ke objek wisata itu, namun secara perlahan abrasi merusak akses jalan di pantai, dan kawasan yang tadinya rindang mulai terik karena pohon cemara yang tumbang.

Tidak hanya itu, abrasi juga mengancam bagian pantai yang biasanya digunakan pedagang untuk mendirikan tenda payung dan pondok sebagai tempat wisatawan menyantap makanan dan minuman sambil menikmati keindahan objek wisata itu.

Ia khawatir apabila abrasi tersebut terus berlanjut akan merusak objek wisata itu, ia berharap pemerintah setempat segera menanganinya.

Sementara itu Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan pihaknya akan meminta bantuan kepada pemerintah pusat untuk menangani abrasi tersebut.

"Nanti kami kirim surat kepada Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) V untuk berkoordinasi terkait hal ini," katanya.

Ia mengatakan penanganan pantai saat ini berada di BWSS V sehingga sebelum bertindak pihaknya berkoordinasi kepada balai tersebut terlebih dahulu.

"Kami lihat dulu ke lokasi baru kami koordinasi dengan pihak balai," ujarnya

Pihaknya menyampaikan Pantai Kata merupakan salah satu objek wisata unggulan di Kota Pariaman yang mana kunjungan wisatawan pada lebaran 2019 mencapai lima ribu wisatawan per hari.

Bahkan objek wisata itu menjadi pusat kegiatan baik tingkat Kota Pariaman, Provinsi, maupun Nasional. Adapun kegiatan tersebut di antaranya MTQ Nasional tingkat Sumbar pada 2017 dan pusat kegiatan pencanangan Manunggal KB dan Kesehatan dari BKKBN bersama TNI pada 2019. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar