Puncak HAN, anak Pariaman sampaikan 10 aspirasi

id Hari Anak Nasional,Forum Anak Kota Pariaman ,Pariaman

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN). (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Pariaman (ANTARA) - Anak-anak Kota Pariaman, Sumatera Barat, menyampaikan 10 aspirasinya terkait pemenuhan hak anak kepada pemerintah kota (Pemko) setempat pada puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat daerah itu.

"Kami berharap Pemkot Pariaman dapat merealisasikan suara anak-anak ini," kata Ketua Forum Anak Kota Pariaman Annisa Pertiwi saat puncak peringatan HAN tingkat Kota Pariaman, Senin.

Aspirasi itu disebut dengan Suara Anak Kota Pariaman yang dibacakan oleh Forum Anak Kota Pariaman di hadapan pemangku kepentingan serta ratusan anak yang hadir pada kegiatan itu.

Ia menyebutkan adapun 10 aspirasi itu yaitu mengatasi stunting, menghidupkan kembali permainan tradisonal anak serta pengenalan kesenian dan kebudayaan Minangkabau, dan meningkatkan fasilitas untuk anak berkebutuhan khusus.

Lalu melindungi anak dari eksploitasi dan diskriminasi, menyediakan taman baca dan pondok bahasa asing, meningkatkan pengendalian peredaran narkoba, dan Pariaman bebas dari iklan rokok.

Seterusnya memperbanyak kegiatan untuk menyalurkan kreativitas anak, melibatkan forum anak untuk edukasi kesiapsiagaan bencana, dan pemerataan kualitas pendidikan di Pariaman.

Sementara itu Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan pihaknya akan berusaha merealisasikan apa yang menjadi aspirasi dari anak-anak di daerah itu.

"Kami mendukung dan berusaha merealisasikan semua aspirasi tersebut karena itu merupakan hak mereka," katanya.

Ia mengatakan sebagian besar sarana yang dibangun di Kota Pariaman dapat dimanfaatkan anak untuk bermain dan untuk tumbuh kembang anak mulai dari objek wisata yang mana terdapat wahana anak, perpustakaan, dan sarana olahraga.

"Mana yang kurang dari fasilitas itu sampaikan kepada saya nanti kami dipenuhi," ujarnya.

Oleh karena itu ia meminta orang tua dan pihak sekolah di daerah itu untuk membawa anaknya ke sarana yang telah disediakan tersebut agar pihaknya mengetahui apa yang dibutuhkan anak-anak di daerah itu.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar