Lewatkan momen bersama keluarga, demi tugas siaga di hari raya

id PLN,Petugas PLN,Listrik,Gangguan PLN

Lewatkan momen bersama keluarga, demi tugas siaga di hari raya

Petugas teknik PLN Unit Induk Wilayah Sumbar tetap siaga meski lebaran Idul Adha 1440/2019 dan harus meninggalkan momen bersama keluarga. (Ist)

Padang (ANTARA) - Saat seantero negeri, umat muslim bersukacita menyambut gema takbir pada Idul Adha 1440 hijriah bersama anggota keluarga, tapi ada beberapa orang yang harus melewatkan momen tersebut jauh dari rumah.

Salah satu dari mereka adalah para petugas PLN yang harus tetap siaga untuk memastikan ketersediaan dan keandalan pasokan listrik selama hari raya Idul Adha.

PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Barat telah menyiagakan petugas pelayanan teknik di setiap Unit Layanan Pelanggan yang tersebar di seluruh Sumatera Barat, kata Manager Komunikasi PLN UIW Sumbar Remialis seperti dirilis, Minggu.

"Petugas kami tetap standby, ada 30 Unit Layanan Pelanggan (ULP) yang berada di bawah UIW Sumbar dan semuanya telah menyiagakan piket 24 jam petugas teknik. Jadi masyarakat Sumatera Barat tidak perlu khawatir, PLN UIW Sumbar menjamin kehandalan listrik selama momen Idul Adha ini," tegasnya.

Jelas bukan hal yang mudah berjauhan dengan keluarga di saat Hari Raya seperti ini, namun tugas dan tanggung jawab untuk mengawal keandalan listrik Sumatera Barat adalah prioritas bagi petugas PLN.

Seperti yang diungkapkan Teknik PLN ULP Muara Labuh Ridho, Spv salah satu ULP yang terletak di perbatasan Sumbar-Jambi.

"Sudah menjadi tugas kami untuk siaga 24 jam nonstop demi kenyamanan pelanggan, apalagi di saat penting seperti Lebaran ini. Jauh dari keluarga sudah biasa, semuanya demi tugas,"ujarnya.
Petugas teknik PLN Unit Induk Wilayah Sumbar tetap siaga meski lebaran Idul Adha 1440/2019 dan harus meninggalkan momen bersama keluarga. (Ist)
Hal senada juga diungkapkan Teknik PLN ULP Lubuk Sikaping, Deno, Spv yang merupakan unit layanan yang berbatasan dengan Sumatera Utara.

"Hari Jumat (8/8) di unit kami, terjadi gangguan akibat angin puting beliung, sebanyak 5 tiang TM terdampak sehingga aliran listrik terputus. Tapi alhamdulillah, sebelum takbiran dimulai, listrik sudah normal kembali. Kebahagiaan tersendiri bagi kami, mampu menghadirkan senyum di wajah pelanggan,"ungkapnya.

Apresiasi dan perhatian tidak terduga justru muncul dari para pelanggan PLN, di beberapa ULP, yang lokasinya berdekatan dengan rumah penduduk, tidak jarang para petugas PLN yang sedang menjalankan piket mendapat kiriman makan siang dari masyarakat sekitar.

Seperti yang diungkapkan, Donny pelanggan PLN ULP Bukittinggi. "Saya salut melihat bapak-bapak petugas PLN yang tetap melayani pelanggan di hari lebaran. Pasti berat, hari raya tidak bersama keluarga. Kami warga sekitar sangat berterimakasih, pasokan listrik handal, takbiran dan sholat Ied pun lancar, tanpa kendala,"katanya.
Petugas teknik PLN Unit Induk Wilayah Sumbar tetap siaga meski lebaran Idul Adha 1440/2019 dan harus meninggalkan momen bersama keluarga. (Ist)
Remialis juga menegaskan kembali, pelanggan tidak perlu khawatir jika ada gangguan kelistrikan, di momen-momen penting seperti Idul Adha sekarang ini, petugas PLN tetap siaga 24 jam melayani pelanggan.

"Petugas kami siap melayani 24 jam, tidak perlu khawatir. Jika ada gangguan kelistrikan, pelanggan bisa menghubungi Contact Center 123, atau mendatangi Unit Layanan PLN terdekat untuk mendapatkan solusinya" tambah Jimi.

Kenyamanan dan kekhusyukan pelanggan dalam berhari raya Idul Adha ini senantiasa menjadi motivasi tambahan bagi PLN dalam menjaga kehandalan kelistrikan.