Masyarakat diminta meriahkan peringatan HUT ke-74 RI

id HUT RI ke-74,Gusmal

Bupati Solok, Gusmal (memakai baju merah putih) saat menyerahkan bantuan dan hadiah bagi petani dan ASN berprestasi di Arosuka, Kamis. (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Arosuka (ANTARA) - Bupati Solok, Gusmal mengimbau masyarakat di daerah itu untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia dengan memasang bendera selama bulan Agustus dan mengikuti berbagai perlombaan di nagarinya.

"Saya mengimbau seluruh ASN dan Masyarakat Kabupaten Solok Untuk ikut memperingati Dan memeriahkan Hari kemerdekaan RI ke-74 yang sebentar lagi akan diperingati," kata Gusmal di Arosuka, Kamis saat apel pagi.

Ia menyebutkan masyarakat hendaknya mengikuti berbagai perlombaan pada 17 Agustus nanti dan berpartisipasi dalam memeriahkan hari kemerdekaan tersebut. Pemuda di nagari dapat mendekorasi kampungnya sesuai tema hari kemerdekaan.

Gusmal juga meminta agar Dinas Kominfo juga menyampaikan imbauan untuk memberitahukan masyarakat agar menaikan bendera merah putih di depan rumah dari tanggal 1 sampai 31 Agustus 2019 sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa pahlawan.

Menurutnya, momen peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus 2019 ini dijadikan pengingat untuk berupaya memperbaiki Sumber Daya Manusia (SDM) dan kinerja pegawai sehingga bisa menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang unggul sesuai dengan motto SDM Unggul Manusia Unggul.

"Sebagai ASN kami dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik serta permudah pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Disamping itu, Kementerian Pertanian RI melalui Dinas Pertanian Kabupaten Solok juga memberikan penghargaan dan bantuan berupa kendaraan roda dua serta alat -alat pertanian yang langsung diserahkan Gusmal pada apel pagi tersebut.

"Saya berharap dinas pertanian mengawasi alat- alat ini sehingga bisa efektif dipergunakan oleh masyarakat dalam meningkatkan pendapatan petani," sebutnya.

Penghargaan dan bantuan yang diberikan yaitu Balai Pelatihan Pertanian (BPP) berprestasi peringkat 1 Almito (Kecamatan Lembang Jaya), Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) berprestasi Peringkat 1 Berkah (IX Koto Sungai lasi).

Kemudian Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP) berprestasi Peringkat 1 Hamparan Sawah Baruah (IX Kiri Sungai Lasi), Petani Berprestasi Peringkat satu Zulkarnaini (Lembang Jaya).

ASN berprestasi peringkat 1 Afrinalti (Danau kembar), Penyuluh Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu (THL-TB) berprestasi (D.IV-S.I) peringkat 1 Rossi Andrawina, Penyuluh THL-TB berprestasi (SMA-D.III) peringkat 1 Eri dalifto (X Koto Singkarak).

Penyuluh Pertanian Swadaya Berprestasi peringkat 1 Liderson (Lembang Jaya).

Selain itu, Bupati Solok dan Kepala Dinas Pertanian menyerahkan kendaraan operasional roda dua Yamaha Vixion sebanyak 13 unit, power threser multi guna satu unit, power threser satu unit, corn sheller satu unit combine harvester kecil satu unit, combine harvester besar satu unit dan tractor rotari satu unit pada kelompok tani di Solok.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar