Sumbar apresiasi gelaran UPSK di rumah Dinas Bupati

id Unit Pelayanan Sosial Keliling,hendrajoni

Bupati Hendrajoni dan sejumlah pejabat berfoto bersama dengan penyandang disabilitas yang mengikuti kegiatan UPSK. (ANTARA SUMBAR/istimewa)

​​​​​​​Painan (ANTARA) - Pejabat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mengapresiasi kegiatan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) yang diikuti oleh 75 penyandang disabilitas dilaksanakan di rumah dinas Bupati Pesisir Selatan.

"Saya secara pribadi mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini, biasanya kegiatan seperti ini paling hanya dilaksanakan di kantor camat, nagari atau gedung pertemuan di lingkungan masyarakat," kata Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial Sumatera Barat, Yanto di sela-sela kegiatan tersebut di Painan, Senin.

Bahkan, tambahnya hal ini baru sekali ia saksikan semenjak 2013. Ia berharap kegiatan positif ini tetap dilanjutkan sebagai bentuk perhatian kepada penyandang disabilitas.

"Pada dasarnya kewenangan penanganan disabilitas ada di provinsi namun ada batasannya yakni hanya di dalam panti asuhan, sementara di luar panti asuhan ialah kewenangan kabupaten / kota. Langkah yang dilaksanakan oleh Kabupaten Pesisir Selatan merupakan awal yang baik," katanya lagi.

Sementara itu, Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni mengaku kegiatan kali ini merupakan kegiatan kesekian yang melibatkan penyandang disabilitas di rumah dinasnya.

"Kami tidak alergi dengan penyandang disabilitas, mereka punya hak sama. Selain itu merupakan tugas kami untuk menjadikan mereka mandiri dan produktif di tengah keterbatasannya," katanya menambahkan.

Sepanjang tahun pihaknya mengaku terus mengucurkan bantuan bagi peyandang disabilitas seperti bantuan kursi roda, tongkat, kaki palsu, tangan palsu, dan lain sebagainya.

Selain mengandalkan dana dari APBD kabupaten, kegiatan tersebut juga didukung melalui kerja sama antara pihaknya dengan pihak ketiga sehingga berjalan lebih optimal.

"Saya pribadi cukup terbantu dengan aktifnya Ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosisal (LKKS) Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni. Bahkan pada beberapa kesempatan ia menyisihkan uang pribadi untuk melengkapi keperluan penyandang disabilitas," katanya lagi.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar