19 rumah sakit di Sumatera Barat turun tipe, apa saja ?

id Sumatera Barat

19 rumah sakit di Sumatera Barat turun tipe, apa saja ?

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Sumatera Barat drg Busril (ANTARA SUMBAR/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Sumatera Barat drg Busril menyebutkan sebanyak 19 rumah sakit di provinsi itu mengalami penurunan tipe setelah dilakukan verifikasi oleh Kementerian Kesehatan.

"Rumah sakit itu terdiri dari rumah sakit pemerintah dan swasta yang ada di Sumbar," kata dia di Padang, Minggu.

Ia mengatakan untuk rumah sakit pemerintah yang mengalami penurunan tipe seperti Rumah Sakit HB Saanin, Rumah Sakit Paru kemudian beberapa RSUD seperti RSUD Lubuk Sikaping dan RSUD Padang Panjang.

Selanjutnya adalah rumah sakit swasta yang ada di Sumatera Barat.

Ia mengatakan penurunan tipe ini mulai dari tipe A menjadi tipe C, tipe B menjadi tipe B, tipe C menjadi tipe D.

Ia mengatakan penilaian tersebut berdasarkan hasil penilaian Kementerian Kesehatan dari sisi RS Online dan Aspac rumah sakit.

Ia menjelaskan untuk RS Online sendiri terdiri dari ketersediaan dokter spesialis, dokter, tenaga kesehatan dan lainnya di rumah sakit tersebut.

Sementara untuk Aspac seperti ketersediaan alat kesehatan, sarana dan prasarana penunjang rumah sakit dan lainnya.

Menurut dia dengan penurunan kelas atau tipe ini berdampak bagi pendapatan rumah sakit itu sendiri seperti tarif BPJS tentu pendapatan mereka akan berkurang.

Dalam hal ini Dinas Kesehatan telah memanggil rumah sakit tersebut untuk memperbaiki fasilitas mereka agar sesuai dengan syarat yang telah ditentukan.

Ia mengatakan Kementerian Kesehatan memberikan waktu hingga 12 Agustus 2019 kepada rumah sakit untuk memperbaiki fasilitas mereka

"Sejauh ini beberapa rumah sakit telah melakukan perbaikan dan kita berharap seluruhnya melengkapi syarat yang dibutuhkan," katanya.