Lembaga ASB bersama PB Nagari tanam 4.000 bibit cemara di pantai

id Pohon cemarah,Siaga bencana,Abrasi pantai

Lembaga ASB bersama PB Nagari tanam 4.000 bibit cemara di pantai

Penanaman bibit cemara laut di pantai Pesisir Selatan (Adi Prima)

Pesisir Selatan (ANTARA) - Lembaga Arbeiter Samariter Bund (ASB) Indonesia and the Philippines yang merupakan NGo internasional bersama Tim Penanggulangan Bencana (PB) Nagari melakukan penanaman pohon cemara laut di dua nagari di Kabupaten Pesisir Selatan.

Masyarakat di dua nagari yang tergabung di dalam Tim PB menanam 4.000 batang cemara laut di Kampung Sungai Bungin dan Taluak Kasai, Nagari Koto Nan Duo, Kecamatan Batang Kapas dan Kampuang Pasa Ampiang Parak, Nagari Ampiang Parak, Kecamatan Sutera, kata Project Officer Lembaga ASB Miftahul Khairi, Sabtu.

Kegiatan ini sejalan dengan program Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang akan menanam satu juta pohon cemara laut secara bertahap hingga lima tahun ke depan di tujuh kabupaten dan kota di Sumatera Barat.

"Pohon cemara laut bisa berfungsi sebagai penahan angin kencang, pencegah abrasi dan penahan gelombang tinggi," ucap Miftahul.

Pawatan 4.000 batang bibit cemara laut ini kedepannya akan dititip kepada Wali Nagari dan Tim PB di masing-masing kampung.

Bagaimana perawatan pohon cemara sampai tumbuh besar juga tidak kalah penting, tambahnya.

Terkait di wilayah pantai hewan ternak banyak dan menjadi salah satu ancaman, karenanya nanti Tim PB masing-masing kampung harus rutin mengawasi bibit yang ditanam, kata Burdianis, anggota BPBD Kabupaten Pesisir Selatan yang mendampingi penanaman pohon cemara laut di Sungai Bungin, Nagari Koto Nan Duo, Burdiansa.
Penanaman bibit cemara laut di pantai Pesisir Selatan (Adi Prima)
Secara teknis nantinya, akan dibuat jadwal rutin Tim PB Kampung untuk merawat bibit cemara yang ditanam, supaya tidak sia-sia usaha kita, ujar Anton Syahda, selaku kepala Kampung Sungai Bungin.