Jumlah penyembelihan hewan kurban di Pariaman diprediksi sama dengan tahun lalu

id Genius umar,Hewan kurban,Idul Adha

Walikota Pariaman, Sumbar Genius Umar. (Antara Sumbar/Aadiaat M. S)

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat memprediksi sekitar seribu hewan kurban disembelih di kota itu pada Idhul Adha 1440 Hijriah.

"Tahun lalu jumlah hewan kurban yang disembelih juga sekitar seribu, dan diprediksi tahun ini jumlahnya juga sama," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Jumat.

Ia mengatakan untuk memastikan kesehatan hewan yang akan dikurbankan tersebut pihaknya melakukan pemeriksaan kesehatan dan memasang tanda di kupingnya.

Ia menyebutkan hingga saat ini dinas terkait telah memeriksa 400 sapi yang akan disembelih sebagai hewan kurban pada Idul Adha 1440 Hijriah.

"Aspek kesehatan tersebut merupakan salah satu syarat hewan layak untuk dikurbankan agar tidak menyebarkan penyakit," katanya.

Selain aspek kesehatan, lanjutnya aspek lainnya yang harus dipenuhi yaitu sesuai aturan dalam Islam serta tidak boleh menyembelih sapi betina produktif.

"Jika sapi betina produktif disembelih maka dapat mempengaruhi populai sapi," ujarnya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman Dasril mengatakan sebagian besar hewan kurban di daerah itu berasal daerah tetangga.

"Jadi kami periksa kesehatan hewan ke pengumpul agar mempermudah pemeriksaan," ujar dia.

Ia menyampaikan pemeriksaan tersebut telah dilakukan semenjak 25 Juli dan akan berlangsung hingga 8 Agustus.

Ia mengatakan setelah tanggal tersebut pihaknya akan memeriksa hewan kurban di masjid dan musala sebagai pusat penyembelihan hewan kurban.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar