Pemkab Tanah Datar akan bantu warga kurang mampu lanjut kuliah ke PTN

id Irdinansyah Tarmizi

 Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi. (Antara Sumbar/Istimewa)

Batusangkar, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat akan membantu siswa sekolah lanjutan atas (SLTA) dari keluarga kurang mampu untuk melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

"Walaupun kewenangan SLTAtidak lagi berada di kabupaten, namun kami akan tetap membantu keluarga tidak mampu untuk lanjut kuliah ke perguruan tinggi," kata Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi di Batusangkar, Rabu.

Ia mengatakan Tanah Datar sudah menetapkan membangun Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai prioritas utama dalam meningkatkan daya saing dengan program Inovasi Gerbang Cerdas (IGC).

Dengan program IGCdiharapkan tidak ada lagi anak di Tanah Datar yang gagal masuk PTN gara-gara tidak ada biaya kuliah dari keluarga.

"Program itu sudah menjadi komitmen pemerintah daerah dan terus kita lanjutkan demi menciptakan SDM yang memiliki daya saing," ujarnya.

Ia mengharapkan koordinasi dan komunikasi antara Baznas Tanah Datar, Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Bagian Kesra terus diintensifkan agar tidak menolak proposal jika ada dari masyakaratyang meminta bantuan masuk ke PTN.

Sementara Ketua Baznas Tanah Datar Emrizal Datuak Hyang Basa mengatakan siap mendukung program daerah untuk mencarikan solusi terbaik agar masa depan anak-anak di daerah itu bisa terselamatkan.

"Pemerintah bertekad membantu, dan baznas juga siap berjuang agar Baznas Provinsi dan Dinas Pendidikan Provinsi turut mendukungnya," katanya.

Ia mengaku saat ini sedang melakukan komunikasi dengan Baznas Provinsi terkait bantuan bagi siswa SLTA dari keluarga tidak mampu untuk melanjutkan pendidikan ke PTN.

"Kita akan upayakan bagaimana program yang sudah berjalan di Tanah Datar bisa juga difasilitasi oleh Baznas Provinsi," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar