Volunteer dari Australia di Solok, bantu promosi pariwisata Solok secara daring

id Australia Volunteers Program,Kota Solok,Zul Elfian

Volunteer dari Australia di Solok, bantu promosi pariwisata Solok secara daring

Wali Kota Solok, Zul Elfian menerima kedatangan Elizabeth di Solok. (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat, menerima kedatangan Elizabeth yang merupakanvolunteer dari program Australia Volunteers Program (AVP) yang akan membantu Dinas Pariwisata dalam pengembangan objek wisata dan sumber daya manusia.

"Elizabeth yang akrab dipanggil Lizi tersebut, akan berada di Kota Solok selama satu tahun dan ditempatkan di Dinas Pariwisata Kota Solok," kata Kepala Dinas Pariwisata setempat Elvi Basri di Solok, Rabu.

AVP merupakan suatu inisiatif Pemerintah Australia yang dikelola oleh AVI dalam sebuah konsorsium bersama Cardno Emerging Markets dan Whitelum Group. AVP merupakan bagian dari people to people, tenaga relawan atau volunteer ditempatkan di Partner Organisasi (PO).

Menurutnya, tujuan AVP ialah mendukung PO untuk mencapai Development Outcomes Organisation, mendorong pengembangan kapasitas relawan atau volunteer baik secara profesional maupun individual, serta meningkatkan apresiasi terhadap nilai-nilai volunteering.

Sementara itu, tanggung jawab PO yaitu penugasan yang bermakna, untuk menjawab kebutuhan PO atau masyarakat dan berfokus pada pembangunan berkelanjutan, menjadi penanggung jawab untuk memberikan arahan umum bagi volunteer, serta staff pendamping untuk mendampingi kerja volunteer.

Selama setahun di Kota Solok, Lizi akan melakukan promosi pariwisata secara online atau pun digital dan ekonomi kreatif, pemasaran usaha pariwisata dan usaha ekonomi kreatif, pembinaan kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di Solok.

Serta mengajarkan Bahasa Inggris Pariwisata ke komunitas, pemandu wisata, Genpi Kota Solok, Uda-Uni Kota Solok dan pegawai di Dinas Pariwisata setempat.

Sebelumnya, Wali Kota Solok, Zul Elfian sangat mengapresiasi kedatangan Lizi, yang akan mengabdi di Kota Solok selama satu tahun ke depan.

Ia mengharapkan kedatangan Lizi akan dapat membantu meningkatkan pariwisata Kota Solok.

Untuk itu, beliau meminta dinas pariwisata untuk memberikan pelayanan yang baik kepada tamu, anggap sebagai anak saudara yang akan satu tahun mengabdi di Kota Solok.

"Semoga Lizi betah dan enjoy, selamat menikmati alam, kuliner dan budaya Solok selama berada disini, yang sangat banyak potensi Pariwisata disini yang bisa dipromosikan Lizi ke rekan di Australia dan lainnya,"ujarnya.

Hal ini, tentunya ini akan membantu Solok guna menyongsong visit Kota Solok 2020, sebutnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar