Hendrajoni letakan batu pertama, kantor Camat Pancung Soal mulai dibangun

id Hendrajoni,Pancung Soal,Pesisir Selatan

Hendrajoni letakan batu pertama, kantor Camat Pancung Soal mulai dibangun

Bupati Hendrajoni meletakan batu pertama pembangunan kantor Camat Pancung Soal. (Antara Sumbar / Didi Someldi Putra)

Painan (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni meletakan batu pertama pembangunan kantor Camat Pancung Soal, kegiatan itu dihadiri sejumlah pejabat daerah dan tokoh masyarakat setempat.

"Kantor Camat Pancung Soal ini berbeda dengan kantor pemerintah lainnya di Pesisir Selatan, karena berarsitektur gedung-gedung kerajaan Inderapura," kata Bupati Hendrajoni di sela-sela kegiatan itu.

Ia menambahkan hal tersebut dimaksud agar nilai-nilai kebudayaan Inderapura yang eksis pada abad ke-15 hingga pertengahan abad ke-16 di daerah setempat tetap bisa dinikmati dan dirasakan hingga saat ini.

"Nilai-nilai sejarah jika dirupiahkan saya rasa tidak bisa dijumlahkan saking ekslusifnya, makanya saya secara pribadi sangat mendukung kantor Camat Pancung Soal ini," sambungnya.

Setelah gedung kantor camat selesai dibangun, ia mendorong agar pelayanan semakin ditingkatkan sehingga berdampak pada kepuasan masyarakat.

Ia mengungkapkan pembangunan kantor Camat Pancung Soal merupakan bukti nyata bahwa pembangunan di daerah setempat merata tanpa ada istilah anak tiri dan anak kandung.

"Saya sejak awal berkomitmen membangun berbagai sektor secara merata di Pesisir Selatan, dari Kecamatan Koto XI Tarusan hingga Kecamatan Silaut," katanya lagi.

Kantor Camat Pancung Soal pertama dibangun pada 1976 dan secara terus menerus dirawat untuk memberikan pelayanan ke masyarakat. Saat ini seluruh gedung kantor telah diratakan dengan tanah dan selanjutnya dibangun bertahap.

Kerajaan Indrapura di masa jayanya mengandalkan hasil perkebunan dan pertanian dalam memakmurkan masyarakatnya. (*)