KAN dan pemerintah nagari diminta bersinergi membimbing masyarakat

id KAN,kabupaten solok,arosuka

Staf Ahli bidang Pemerintahan Kabupaten Solok, Aliber Mulyadi saat mengukuhkan anggota KAN periode 2019-2024 di Batang Barus, Senin (Antara Sumbar/ Humas Pemkab Solok)

Arosuka (ANTARA) - Bupati Solok diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan, Aliber Mulyadi mengharapkan anggota Kerapatan Adat Nagari (KAN) dapat bersinergi dengan pemerintahan nagari, niniak mamak dan tokoh masyarakat dalam memimpin dan membimbing masyarakat di bidang adat.

"Harapan saya anggota KAN dapat bersinergi dengan pemerintahan nagari, niniak mamak dan tokoh masyarakat Nagari Batang Barus ini," katanya di Arosuka, Senin saat acara pengukuhan KAN Nagari Batang Barus Periode 2019 - 2024.

Ia menyebutkan anggota KAN yang baru bekerja sama dengan nagari dan niniak mamak hendaknya dapat membimbing anak kemenakannya agar terhindar dari perilaku yang menyimpang.

"KAN hendaknya juga memberikan pengetahuan dan pedoman ke orang tua agar membentengi anak-anak nagari dari pengaruh buruk lingkungan, seperti penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas maupun LGBT," ujarnya.

Aliber berharap dengan kepengurusan KAN yang baru ini dapat membawa perubahan dan dampak yang positif bagi masyarakat Nagari Batang Barus, terutama dari segi adat dan budaya.

"Anggota KAN terpilih harus bisa menjadi model dalam mendidik anak dan kemenakan dengan baik pada masa modern dan milenial sekarang ini," ujarnya.

Ketua KAN terpilih Zul Asri Datuak Rajo Sampono, menyebutkan telah terpilihnya kepengurusan KAN Nagari Batang Barus periode 2019 - 2024 melalui Musyawarah di Balai Adat Jorong Kayu Jao pada 21 Januari 2019, maka hari ini dilakukan pengukuhannya.

"Sebagai Ketua KAN Nagari Batang Barus Periode 2019-2024, saya berharap dukungan dari pemerintah nagari, niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai maupun masyarakat untuk bersama -sama dalam membangun Nagari ini," ujarnya.

Sementara itu, Wali Nagari Batang Barus Syamsul Azwar, mengatakan agar anggota KAN Nagari Batang Barus yang baru dapat mengemban amanah yang diberikan masyarakat.

"Saya berharap Ketua KAN beserta anggota yang baru dikukuhkan dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sebaik-baiknya," ujarnya.

Acara juga dihadiri Camat Gunung Talang Misran, Wali Nagari Batang Barus Syamsul Azwar, Ketua dan Anggota KAN, BMN Nagari Batang Barus, Niniak mamak, Alim Ulama, Bundo kanduang dan masyarakat Nagari Batang Barus.(*)

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar