Sekolah Dasar di Pariaman gali potensi siswa dengan membuka kelas Tahfiz Al Quran

id kelas Tahfiz Al Quran,pariaman,kelas tahfiz

Sekolah Dasar di Pariaman gali potensi siswa dengan membuka kelas Tahfiz Al Quran

Seorang siswa sedang membaca Al Quran dibimbing oleh seorang guru dalam program tahfiz yang diselenggarakan oleh SDN 19 Kampung  Baru, Kota Pariaman, Sumbar.  (Antara Sumbar/Istimewa)

Pariaman, (ANTARA) - Sekolah Dasar Negeri (SDN) 19 Kampung Baru di Kota Pariaman, Sumatera Barat membuka kelas hafalan atau Tahfiz Al Quran untuk siswa kelas IV, V dan VI dengan menggunakan dana bantuan operasional sekolah (BOS).

"Kami ingin menggali potensi siswa tidak saja di bidang akademik namun juga non-akademik," kata Kepala SDN 19 Kampung Baru, Kota Pariaman Azral Malvinas di Pariaman, Senin.

Ia mengatakan jumlah peserta tahfiz tersebut saat ini mencapai 180 peserta yangdikelompokkan berdasarkan kemampuannya mulai dari tahsin I, tahsin II, tahsin III, dan tahfiz.

Ia menyampaikan kegiatan ekstrakurikuler tersebut dilaksanakan setiap Sabtu selama dua jam dan telah berlangsung semenjak Februari 2019.

"Kami melihat selama pelaksanaan siswa sangat aktif belajar," katanya

Guru yang digunakan untuk program tersebut, lanjutnya merupakan tenaga pengajar yang membidangi studi agama Islam di sekolah itu dan guru tahfiz yang berasal dari luar sekolah.

Namun karena bulan lalu guru tahfiz yang berasal dari luar sekolah pindah ke Jambi, kata dia maka saat ini terjadi kekosongan tenaga pengajar.

"Kami sedang menunggu guru pengganti baru yang direkomendasikan oleh salah satu yayasan pendidikan Al-Quran di Pariaman," ujarnya.

Ia mengatakan meski pihaknya membuka kelas tahfiz di sekolah namun mayoritas siswa di sekolah itu juga mengikuti program tahfiz di pondok belajar Al-Quran di luar jam sekolah.

Menurutnya program yang dijalankan tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan pihaknya terhadap Pemerintah Kota Pariaman dalam menjalankan program di bidang keagamaan.

Selain tahfiz, lanjutnya ada sejumlah ekstrakurikuler lainnya untuk menambah wawasan dan kemampuan siswa yaitu mulai dari bidang olahraga yaitu bela diri dan kesenian yaitu melukis, bernyanyi, puisi, dan pantomin. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar