Tampilkan ikan asin , Mentawai juarai lomba pameran PKK tingkat nasional

id ikan asin, mentawai

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Kepulauan Mentawai Rosmaida Yudas. (Antara Sumbar/Laila S)

Padang, (ANTARA) - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Kepulauan Mentawai menjuarai lomba pameran tingkat nasional pada Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) yang ke-47 di taman Imam Bonjol Padang.

Ketua TP-PKK Kabupaten Kepulauan Mentawai Rosmaida Yudas di Padang, Sabtu mengaku merasa bangga karena terpilih sebagai terbaik nomor tiga tingkat Nasional.

Pengumuman pameran terbaik tersebut disampaikan pada saat penutupan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG-PKK) yang ke-47 di taman Imam Bonjol Padang.

"Saya bersyukur dan bangga sekali karena Kabupaten Kepulauan Mentawai baru pertama kali terpilih sebagai pameran terbaik tingkat Nasional," ujar dia.

Tentunya penghargaan yang telah didapatkan tersebut membuat para kader TP-PKK dari Kabupaten Kepulauan Mentawai lebih semangat dan giat lagi dalam mengembangkan dan mempertahankan produk-produk unggulan Kepulauan Mentawai.

"Harapannya kita tidak puas sampai di sini saja, namun terus semangat berkarya kalau bisa mendapat penghargaan tingkat internasional," harapnya.

Menurutnya salah satu alasan yang membuat pameran mereka terpilih sebagai pameran terbaik tingkat Nasional ialah karena produk-produk yang mereka pamerkan bersifat tradisional dan unik-unik.

Yakni seperti produk yang merupakan khas dari Kepulauan Mentawai seperti madu minyak kelapa asli dan ikan asin yang habis diburu pengunjung.

"Ikan asin ini selalu menjadi produk keunggulan pada saat diakan pameran tingkat daerah, kabupaten, kota maupun tingkat nasional," sambung dia.

Ikan asin di Mentawai berbeda dengan ikan asin yang terdapat di tempat lain, salah satunya pada saat proses pembuatan.

"Ikan asin di Mentawai langsung diproses setelah ditangkap dari laut tidak dibiarkan membusuk, sehingga aroma ikan asin dari Mentawai tidak terlalu menyengat seperti ikan asin lainnya dan pengunaan garam tidak banyak," ujarnya.

Selain itu Kepulauan Mentawai juga adakan pameran pembuatan tato, gelang dari rotan, ukiran papas selancar, yang dibuat secara tradisional.

Selain itu pada saat pameran, Kabupaten Kepulauan Mentawai juga menyambut para pengunjung dengan dua orang peserta pameran yang berpakaian adat Mentawai sekaligus menjelaskan produk-produk dan daerah Mentawai ke pengunjung.

"Mungkin ini menjadi salah satu keunggulan dari Kabupaten Kepulauan Mentawai, sehingga pameran kami layak sebagai pameran terbaik tingkat Nasional," sambung dia.

Keterangan gambar : Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Kepulauan Mentawai Rosmaida Yudas.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar