Sah! Agam pertama tetapkan APBD perubahan 2019 di Indonesia

id APBD-P agam,Indra Catri,Pengesahan APBD-P 2019

Sah! Agam pertama tetapkan APBD perubahan 2019 di Indonesia

Ketua DPRD Kabupaten Agam, Marga Indra Putra sedang menandatangani nota persetujuan bersama DPRD dan Pemkab Agam,, Jumat (26/7). (ANTARA SUMBAR/ Yusrizal)

​​​​​​​Lubukbasung, (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, menyetujui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun anggaran 2019 saat rapat paripurna di Lubukbasung, Jumat.

Ketua DPRD Agam, Marga Indra Putra di Lubukbasung, Jumat, mengatakan Agam merupakan kabupaten dan kota tercepat menandatangani APBD-P tahun anggaran 2019 di Indonesia.

"Kami bisa tercepat pengesahan APBD-P pada akhir jabatan dan ini berkat kerja sama Tim Banggar DPRD dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD)," katanya.

Ranperda itu ditetapkan menjadi Perda setelah seluruh fraksi menyampaikan pendapat akhir tentang RAPBD perubahan 2019.

"Seluruh fraksi menerima dan menyetujui RAPBD P menjadi Perda APBD P 2019. Ini menunjukan semangat dan kepedulian anggota kepada masyarakat Agam," katanya.

Ia mengatakan, APBD-P itu berasal dari pendapatan yang semula Rp1,51 triliun, berkurang Rp8,59 miliar dan jumlah pendapatan setelah perubahan Rp1,50 triliun.

Sementata belanja semula Rp1,55 triliun, bertambah Rp18,6 miliar, jumlah belanja setelah perubahan Rp1,57 triliun dan defisit setelah perubahan Rp61,96 miliar.

Untuk pembiayaan semula Rp34,76 miliar, bertambah Rp27,19 miliar dan jumlah penerimaan setelah perubahan Rp61,96 miliar.

"Jumlah pembiayaan netto setelah perubahan Rp61 miliar," katanya.

Sementara itu, Bupati Agam Indra Catri menambahkan penetapan APBD P ini lebih cepat dari tahun sebelumnya, karena penetapan sebelumnya setelah Juli.

"Pencapaian itu berkat dukungan dari anggota DPRD setempat dalam pembahasan. Ini menjadi sejarah bagi Agam dan menunjukan Agam mampu mengambil keputusan saat masa kritis," katanya.

Bupati dua periode itu berharap pengesahan APBD-P tercepat itu menjadi inspirasi bagi daerah lain dalam pembahasan anggaran.

Penetapan APBD-P itu juga dihadiri Wakil Bupati Agam Trinda Farhan Satria, Wakil Ketua DPRD Agam Suharman, Wakil Ketua DPRD Agam Taslim, Sekda Agam Martias Wanto, kepala organisasi perangkat daerah dan lainnya. (*)