BUMNag Mutiara Mandiri Pesisir Selatan ekspor kopra putih ke Timur Tengah

id kopra putih,pesisir selatan,sumbar

BUMNag Mutiara Mandiri Pesisir Selatan ekspor kopra putih ke Timur Tengah

Seorang pekerja BUMNag Mutiara Mandiri memisahkan daging buah kelapa dengan batoknya, kegiatan ini merupakan proses pembuatan kopra putih. (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Painan, (ANTARA) - Badan Usaha Milik Nagari (BUMNag) Mutiara Mandiri, Nagari Sungai Tunu Barat, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat mengekspor Kopra Putih asal daerah itu ke Timur Tengah.

"Hari ini sekitar 10 ton kopra putih kami ekspor ke Uni Emirat Arab (UEA)," kata Direktur BUMNag Mutiara Mandiri Riski Arif di Painan, Jumat.

Ia menambahkan sebagai pemula di sektor tersebut, pihaknya mengaku masih menjajaki sehingga peran eksportir sangat dibutuhkan.

Melalui usaha baru ini, setidaknya BUMNag Mutiara Mandiri telah memperkerjakan 15 orang warga setempat, masing-masing mereka memiliki tugas mulai dari membelah buah kelapa, mengupas dagingnya hingga menjemur dan lainnya.

"Ke depan kami menargetkan jumlah kopra putih yang diekspor meningkat hingga dua kali lipat, sehingga semakin banyak pula warga yang bisa dipekerjakan," katanya lagi.

Selain membuka kesempatan bekerja, usaha yang baru dirintis tersebut juga berdampak kepada pendapatan petani setempat melalui penjualan buah kelapa milik mereka.

"Kami membeli buah kelapa tidak per butir namun per kilo, satu kilogram kami beli dengan harga Rp1.200 hingga Rp1.500 tergantung kualitasnya," sambungnya.

Dengan cara itu, lanjutnya petani kelapa mendapat untung pada kisaran Rp300 hingga Rp400 per butir buah kelapa.

Saat ini BUMNag Mutiara Mandiri tidak hanya mengolah kopra putih yang bahan bakunya buah kelapa, namun juga mengolah kelapa secara menyeluruh mulai dari buah, batok, air hingga lidinya.

Pada tahun ini pemerintah kabupaten setempat mempercayakan BUMNag Mutiara Mandiri mewakili 181 BUMNag lainnya di daerah setempat pada penilaian BUMNag berprestasi tingkat Sumatera Barat. (*)