PLN bantu 1.233 sambungan baru gratis untuk daerah terluar Mentawai

id pln,Sambungan listrik gratis,Elektrifikasi

PLN bantu 1.233 sambungan baru gratis untuk daerah terluar Mentawai

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit bersama tim PLN membahas sambungan listrik gratis di Mentawai. (ANTARA SUMBAR/ Ist)

Padang, (ANTARA) - PT PLN (Persero) memberikan bantuan 1.233 sambungan baru gratis untuk meningkatkan rasio elektrifikasi daerah terluar, Kabupaten Mentawai, Sumatera Barat.

Manager Sub Bidang Komunikasi PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumbar, Remialis di Padang, Kamis menyebut bantuan itu untuk tiga desa di Pulau Siberut, Mentawai.

"Bantuan itu diarahkan menggunakan dana tanggung jawab sosial perusahaan atau corporatesocialresponsibility (CSR) PLN," katanya usai pertemuan antara tim dari PLN Wilayah Sumbar dengan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit.

Nasrul menyebut listrik merupakan salah satu kebutuhan di Mentawai untuk membantu daerah itu bisa secepatnya lepas dari status daerah tertinggal.

Pada 2018 menurutnya rasio elektrifikasi di Mentawai naik cukup signifikan dari 2017. Tahun ini daerah yang telah dialiri listrik mencapai 53,40 persen, sementara 2017 rasio desa berlistrik baru 36,69 persen.

"Salah satu kendala untuk meningkatkan rasio elektrifikasi itu adalah kesulitan biaya pasang baru, karena itu kita coba fasilitasi dengan PLN," katanya Nasrul Abit.

Selain listrik, beberapa sektor lain yang masih kurang di Mentawai akan menjadi perhatian Pemprov diantaranya sektor transportasi, kesehatan dan pendidikan.

"Perlu dukungan dari pusat untuk membantu Mentawai. Kita akan komunikasikan ke Jakarta," katanya

Menurut Nasrul sejak tahun 2006 tiga daerah tertinggal menjadi perhatian Pemprov Sumbar. Dua diantaranya diperkirakan berpeluang melepas status ketertinggalannya tahun ini.

"Target kita tahun ini bisa ketiga daerah itu tidak lagi menjadi daerah tertinggal," tegasnya. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar