Bank Nagari Lubukbasung telah salurkan KUR Rp22,27 miliar

id Bank Nagari,Kredit Usaha Rakyat,Agam

Bank Nagari Lubukbasung telah salurkan KUR Rp22,27 miliar

Wakil Pimpinan Bank Nagari Cabang Lubukbasung, Joni. (ANTARA SUMBAR/ Yusrizal)

Lubukbasung, (ANTARA) - Bank Nagari Cabang Lubukbasung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat telah menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) sebesar Rp22,27 miliar kepada 241 pelaku usaha di daerah itu di semester pertama 2019

Wakil Pimpinan Bank Nagari Cabang Lubukbasung, Joni didampingi Kasie Kredit Pepri Doni di Lubukbasung, Senin, mengatakan KUR yang telah dicairkan semenjak Januari sampai Juli 2019 untuk membantu usaha mikro kecil dan menengah di Agam.

Ia mengatakan Bank Nagari Cabang Lubukbasung mendapatkan pagu dana KUR sebesar Rp40 miliar.

Sedangkan serapan dana KUR Rp22,70 miliar atau 55,67 persen dan penyerapan cukup tinggi mengingat peminat KUR cukup banyak.

"Bunga pinjaman dana KUR sangat rendah, sehingga peminat cukup tinggi," katanya.

Ia menyebutkan petugas menagih langsung sebelum batas waktu untuk menghindari pengembalian yang macet atau terlambat tiga bulan.

"Petugas langsung menagih ke rumah nasabah setelah mereka menentukan waktu pembayaran," katanya.

Sebelum menyalurkan KUR, Bank Nagari menurunkan tim untuk melakukan penijaua kepada pemohon terkait layak atau tidak layaknya mereka mendapatka KUR.

Selain itu melihat kemampuan dari pemohon untuk membayar angsuran dan setelah itu dana KUR baru disalurkan.

"KUR ini untuk membantu usaha kecil menengah di wilayah kerja Bank Nagari Cabang Lubukbasung bisa mendapatkan pinjaman modal usaha, agar usaha mereka berkembang dengan baik," katanya. (*)