Sikalang resmi jadi Desa Sadar Jaminan Sosial

id Desa Sadar Jaminan Sosial,BPJS Ketenagakerjaan

Walikota Sawahlunto Deri Asta didampingi Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solok Faisal Marianas melepas balon ke udara sebagai penanda diresmikannya Sikalang sebagai Desa sadar jaminan sosial, Senin (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Padang Aro (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Solok, Sumatera Barat meresmikan Sikalang, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial.

"Sebagian besar masyarakat di Desa Sikalang sudah mengetahui dan memahami manfaat dari program-program BPJS Ketenagakerjaan sehingga ditetapkan sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial," Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solok Faisal Marianas, saat dihubungi dari Padang Aro, Senin.

Selain meresmikan Desa Sadar Jaminan Sosial kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahim antara BPJS Ketenagakerjaan dengan masyarakat setempat.

Menurut dia, jaminan sosial ketenagakerjaan ini sangat penting bagi semua masyarakat bukan hanya pekerja penerima upah tetapi juga perorangan.

"Peserta BPJS Ketenagakerjaan bukan hanya penerima upah atau karyawan perusahaan tetapi semua profesi atau pekerja bisa mendaftarkan diri," katanya.

Sebagai contoh, katanya, pedagang, petani, peternak, tukang ojek, dan berbagai profesi lainnya.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengatakan masyarakat yang memiliki pekerjaan yang tetap atau tidak tetap sebaiknya ikut terdaftar di BPJS ketenagakerjaan.

"Jaminan sosial bisa menjadi tameng apabila terjadi risiko dalam pekerjaan sehingga meringankan beban dari sipekerja," ujarnya.

Dia mengimbau, masyarakat di Sawahlunto baik pekerja tetap ataupun buruh serabutan agar mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk mengurangi risiko apabila terjadi kecelakaan saat bekerja.

Peresmian Sikalang sebagai Desa sadar jaminan sosial ketenagakerjaan ditandai dengan pelepasan balon oleh Walikota Sawahlunto Deri Asta.

Turut hadir kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perlindungan Perempuan dan Anak Kota Sawahlunto, Camat Talawi dan Kepala Desa Sikalang.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar