Pemkot Solok gelar festival pangan lokal beragam, bergizi, seimbang dan aman

id Zulmiyetti Zul Elfian

Pemkot Solok gelar festival pangan lokal beragam, bergizi, seimbang dan aman

Ketua TP PKK Kota Solok, Zulmiyetti Zul Elfian. (ist)

Solok, (ANTARA) - Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Pangan dan Tim Penggerak PKK menggelar Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) khusus paket makan siang atau lunchbox 2019 di Solok, Kamis.

Kepala Dinas Pangan setempat, Kusnadi di Solok, Kamis menyebutkan kegiatan ini untuk mendorong penerapan konsumsi pangan beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) dengan memanfaatkan pangan lokal serta mendorong kreatifitas dan inovasi dalam pengembangan olahan pangan lokal yang bernilai komersil.

"Uniknya dalam lomba kali ini peserta diwajibkan menampilkan display paket lengkap makan siang sebanyak tiga paket (menu yang sama), bahan pangan yang digunakan dari sumber karbohidrat selain beras dan terigu," ujarnya.

Pangan pokok termasuk pada klaster umbi-umbian seperti ubi kayu atau singkong, ubi jalar, ubi talas dan umbi lainnya.

Pihaknya berharap adanya festival dan lomba ini membuat masyarakat lebih kreatif mengatur menu makanan dirumah bagi generasi penerus dengan nilai gizi seimbang dan sehat.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Solok, Zulmiyetti Zul Elfian menjelaskan pangan beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) yaitu aneka ragam bahan pangan baik sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang dikonsumsi dalam jumlah seimbang untuk memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan.

"Dan tidak tercemar bahan berbahaya yang merugikan kesehatan," sebutnya.

Konsumsi pangan yang berkualitas diharapkan dapat mengatasi permasalahan gizi ganda yaitu kekurangan dan kelebihan gizi yang selama ini terjadi.

Kemudian, Wakil Wali Kota Solok Reinier mengapresiasi serta mendukung kegiatan tersebut untuk meningkatkan gizi masyarakat setempat menuju generasi yang sehat dan cerdas.

“Pangan merupakan hal yang sangat penting dan strategis bagi kelangsungan hidup umat manusia, mari sama-sama kita perhatikan masalah tersebut," ujarnya.

Ia menambahkan festival ini merupakan salah satu bentuk kegiatan sosialisasi pemerintah daerah Kota Solok guna mempercepat penganekaragaman konsumsi pangan di Kota Solok.

“Kegiatan seperti ini dimaksudkan agar setiap ibu rumah tangga yang bertanggung jawab dalam menentukan dan menyediakan menu keluarga sehari-hari dapat menyediakan menu yang beragam, bergizi seimbang dan aman bagi keluarga," ujarnya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar