Global Kurban-ACT kelola hewan kurban sejak pembibitan untuk kebutuhan Idul Adha

id ACT Blora,Global Kurban,Idul Adha,Hewan Kurban

Global Kurban-ACT kelola hewan kurban sejak pembibitan untuk kebutuhan Idul Adha

Hewan ternak di LTW Desa Gadu, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora. (Dokumentasi ACT)

Padang (ANTARA) - Lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) melalui Yayasan Global Qurban mengelola hewan ternak di Lumbung Ternak Wakaf (LTW) di Desa Gadu, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora sejak pembibitan untuk menyuplai kebutuhan hewan kurban dalam Idul Adha.

Pengelola LTW Desa Gadu Wariyadi di Blora melalui keterangan tertulis yang diterima di Padang, Rabu mengatakan pembibitan ternak kambing memakan waktu empat bulan hingga kambing dapat dikatakan siap berpisah dengan induknya.

Di LTW, kambing dirawat mulai dari pemberian makan sebanyak dua kali sehari berupa campuran rumput hijau sebagai pakan utama dengan tujuan induk memiliki banyak air susu sehingga kebutuhan susu bagi anak terpenuhi.

Kemudian kebersihan kambing dijaga dengan memandikannya beberapa kali dalam seminggu bergantung kondisinya sekiranya sudah tampak kotor.

Menurut Wariyadi salah satu kesulitan yang dialami yaitu ketika kambing diketahui melahirkan secara sunsang. Jika ia melihat bagian kaki yang lebih dulu keluar, dirinya akan membantu memasukkan kembali dan memutar agar bagian kepala kambing keluar lebih dulu.

"Jika posisi sunsang dibiarkan, bisa berhari-hari anak tidak keluar," ujarnya.

Ketika tiba waktunya anak berpisah dengan induk, kambing jantan yang ada di kandang pembibitan akan dipindahkan ke beberapa kandang penggemukan LTW yang tersebar di Kecamatan Sambong.

Pengelola salah satu kandang penggemukan LTW Rasimin mengatakan perawatan kambing di kandang penggemukan hanya berbeda dari segi pakan dengan kandang pembibitan.

Perbedaan hanya pada pemberian pakan karena berbeda kebutuhan yaitu memberikan rumput odot dicampur katul, kangkung kering, kulit kedelai, kulit kacang dan minuman fermentasi.

"Semuanya disimpan dalam drum selama tiga sampai empat hari lalu baru diberikan pada ternak," katanya.

Jika saat dipindahkan dari kandang pembibitan kambing berbobot 12 sampai 15 kilogram, dengan perawatan di kandang penggemukan kambing memiliki bobot mencapai 35 kilogram dalam selang tujuh sampai delapan bulan kemudian.

Saat ini di kandang penggemukan terdapat 1.040 ekor kambing dan ternak tersebut yang akan dimanfaatkan memenuhi kebutuhan kurban oleh Global Qurban dalam Idul Adha 1440 Hijriah.

Pada perayaan Idul Adha 1440 Global Qurban mengangkat tema Dermawan Berkurban, Berkahnya Bahagiakan Dunia untuk mengajak masyarakat menunaikan ibadah kurban melalui lembaga tersebut.

ACT menargetkan kurban dari masyarakat akan disebarkan untuk masyarakat yang merindukan bersantap daging di seluruh propinsi di Indonesia hingga ke warga di 50 negara di dunia.