273 petenis ikuti turnamen antar alumi perguruan tinggi

id turnamen tenis,universitas negeri padang,tenis antar alumni,padang

273 petenis ikuti turnamen antar alumi perguruan tinggi

Wakil Rektor IV Universitas Negeri Padang yang juga pengarah pertandingan Syahrial Bakhtiar (dua dari kanan) saat jumpa pers di lantai empat gedung Rektorat. (ANTARA SUMBAR/Agung Pambudi)

Padang (ANTARA) - Sebanyak 273 petenis lapangan akan bersaing pada ajang turnamen tenis antar alumni perguruan tinggi se-Indonesia yang akan digelar di Lapangan Tenis Universitas Negeri Padang (UNP), pada 26 sampai 29 Juli 2019.

"Dari pendaftaran sudah 273 pemain dari 13 alumni perguruan tinggi yang akan mengikuti turnamen yang ke 11 ini," kata Wakil Rektor IV Universitas Negeri Padang yang juga pengarah pertandingan Syahrial Bakhtiar di Padang, Selasa.

Ia mengungkapkan, peserta yang mengikuti ajang tersebut beberapa diantaranya pernah menjadi pemain nasional dan ikut membela Indonesia pada ajang internasional.

UNP yang bertindak sebagai tuan rumah pada event kali ini sudah melakukan berbagai persiapan maksimal. Selain menggunakan lapangan tenis di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UNP, pihaknya juga memakai lapangan di tempat lain, yakni Lapangan PU dan Lapangan Semen Padang.

"Selain pertandingan, ajang ini juga wadah memupuk kebersamaan sesama alumni dan menjalin silaturahmi," sebutnya.

Ketua Panitia Pelaksana Pertandingan, Apri Agus menambahkan ajang tersebut akan mempertandingkan lima nomor, terdiri dari kelompok umur (KU) 110 dengan minimal umur 55 tahun, KU 100 usia 50 tahun, KU 90 usia 45 tahun, KU 80 usia 40 tahun, serta bebas umur.

"Seluruh kelengkapan dan syarat kepersertaan sudah dilengkapi, 14 tim tersebut dibagi dalam empat grup," katanya.

Sistem pertandingan dalam dua putaran, yakni putaran pertama dibagi empat pool dengan sistem setengah kompetisi (round robin), untuk mencari juara dan runner up pool. Dan putaran kedua dengan sistem gugur.

Peraturan Permainan yang digunakan adalah peraturan permainan tenis PELTI/ITF, kecuali yang disebutkan khusus dalam peraturan ini.

Pertandingan dilaksanakan sesuai dengan Rules of Tennis atau Code of Conduct ITF dan PELTI.

Selain UNP, tim alumni yang akan mengikuti ajang tersebut yakni Alumni Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Sriwijaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Padjajaran, Universitas Jambi. Universitas Andalas, dan Institut Pertanian Bogor.