Komunitas Pasan Bumi Pessel perkuat nilai budaya

id Komunitas Pasan Bumi Pessel

Komunitas Pasan Bumi Pessel perkuat nilai budaya

Pengurus komunitas seni Pasan Bumi Pessel. (ANTARA SUMBAR/istimewa)

Painan (ANTARA) - Komunitas seni Pasan Bumi Pessel berencana akan mengambil bagian dalam upaya memperkuat nilai-nilai budaya di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

"Komunitas yang terbentuk pada Jumat (12/7) ini mengusung misi memperkenalkan serta menyosialisasikan budaya, tradisi dan kesenian daerah," kata pembina kelompok seni Pasan Bumi Pessel, Iin Muhiddin di Painan, Senin.

Selain itu tambahnya, komunitas ini juga akan membangun semangat kedaerahan, merevitalisasi dan mengolaborasikan kesenian daerah dengan kesenian modern.

Berikutnya, membangun ekowisata daerah sebagai bentuk kekuatan dari kemandirian budaya, dan menjalin tali persaudaraan antar pelaku seni.

Sementara itu, ketua komunitas seni Pasan Bumi Pessel, Ramon Arman Piliang mengatakan kepengurusan komunitas akan dikukuhkan melalui surat keputusan Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni.

Sejalan dengan keluarnya surat keputusan itu pihaknya berencana menampilkan antraksi perdana dalam bentuk kolaborasi seni yang membawa pesan-pesan kedaerahan Pesisir Selatan.

"Dalam watu dekat, kami akan mengadakan rapat pembahasan program dan kegiatan, yang mencakup jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang," ujarnya.