Ini tanggal pelantikan anggota DPRD Sumbar terpilih

id DPRD Sumbar

Ini tanggal pelantikan anggota DPRD Sumbar terpilih

Sekretaris DPRD Sumbar Raflis (ANTARA SUMBAR/ Mario Sofia Nasution)

Padang, (ANTARA) - Sekretaris DPRD Sumatera Barat Raflis di Padang, Senin mengatakan 65 anggota DPRD terpilih Sumatera Barat periode 2019-2024 akan dilantik pada 28 Agustus 2019 mendatang.

"Tanggal pelantikan ini sama dengan pelantikan anggota DPRD Sumbar periode 2014-2019 yakni 28 Agustus 2014. Tidak ada perbedaan," katanya.

Ia mengatakan dalam pelantikan itu akan dilakukan penyerahan palu dari pimpinan DPRD Sumbar periode yang lalu kepada salah satu anggota DPRD terpilih dari partai pemenang pemilu di Sumatera Barat yakni Gerindra.

Selanjutnya DPRD Sumbar akan menetapkan pimpinan dan alat kelengkapan DPRD yang terdiri dari Badan Musyawarah, Badan Legislasi Daerah, Badan Kehormatan, komisi dan lainnya.

Sejauh ini untuk pimpinan DPRD Sumbar untuk Ketua DPRD Sumbar 2019-2024 akan diisi oleh Partai Gerindra.

Sementara tiga kursi Wakil Ketua DPRD Sumbar diisi oleh Partai Amanat Indonesia, Partai Keadilan Sosial dan Partai Demokrat.

Ia mengatakan penetapan pimpinan dan alat kelengkapan ditetapkan melalui proses dan tidak terburu-buru.

"Kita berharap tentu penetapan pimpinan DPRD beserta alat kelengkapan dapat segera dibentuk karena tugas-tugas sudah menanti," katanya.

Ia mengatakan beberapa rancangan peraturan daerah masih dalam proses penetapan mulai dari Ranperda KUA PPAS 2020, Ranperda KUPA PPAS 2019 dan ranperda lainnya.

"Tugas anggota DPRD ini berkelanjutan walaupun ada penggantian mereka akan melanjutkan tugas yang sudah dimulai di periode sebelumnya," katanya.