Gowes Nusantara 2019, Payakumbuh satu-satunya titik simpul di Sumbar

id Gowes Nusantara,Kota Payakumbuh,Kemenpora

Gowes Nusantara 2019, Payakumbuh satu-satunya titik simpul di Sumbar

Logo Gowes Nusantara 2019 (Antaranews/Aditya E.S.Wicaksono)

Payakumbuh (ANTARA) - Kota Payakumbuh salah satu yang terpilih dari 40 kota/kabupaten se Indonesia yang ditunjuk oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebagai rute Gowes Nusantara 2019.

"Untuk Sumatera Barat, Kota Payakumbuh menjadi satu-satunya kota yang menjadi titik simpul rute Gowes Nusantara," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Kadisparpora) Kota Payakumbuh, Elfriza Zaharman, di Payakumbuh, Senin.

Elfriza Zaharman mengatakan Dinas Pariwisata Kota Payakumbuh segera menyiapkan persiapan demi terlaksananya even akbar yang akan digelar pada tanggal 28 Juli tersebut.

"Rencananya ribuan pesepeda santai akan memenuhi jalan Kota Payakumbuh, pendaftar pertama sebanyak 1000 orang akan mendapatkan baju kaos gratis yang disediakan oleh panitia," ujarnya.

Titik start Gowes rencananya di Pasar Payakumbuh tepatnya di Tugu Ratapan Ibu menuju Tugu Adipura, Simpang Kaniang Bukit, Simpang Napar, Simpang Bunian (Check Point), Simpang Kasda dan finish di Medan Nan Bapaneh.

"Rencana ini bisa berubah karena nanti akan dibahas lebih lanjut bersama dengan jajaran OPD dan stakeholder lainnya, karena kita mengambil start yang berbeda dengan garis finish," jelasnya.

Asisten 1 Yoherman mengatakan sebagai kota yang ditunjuk untuk pelaksana Gowes Nusantara 2019 oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kota Payakumbuh dituntut untuk bisa menunjukkan kapabilitasnya sebagai kota yang mampu mengelola event nasional ini.

"Apalagi walikota kita suka bersepeda, kita harus siapkan rencana dan koordinasi dengan baik bersama stakeholder terkait," kata Yoherman.

Menurut event ini akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Payakumbuh apabila mampu mengemasnya dengan baik.

Gowes Nusantara merupakan program Kemenpora dengan slogan "Ayo Bergerak" melalui bersepeda untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dengan ayunan sepeda.