Pesisir Selatan Paling Banyak "Sumbang" Beras untuk Bulog

id Bulog sumbar

Pekerja sedang memuat beras di gudang Bulog Sumbar untuk didistribusikan ke pasar-pasar di provinsi itu. Beras medium dan premium itu disalurkan untuk menjaga stabilitas harga. (ANTARA SUMBAR/ Miko Elfisha)

Painan (ANTARA) -

Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat terbanyak dalam memasok gabah ke Badan Usaha Logistik (Bulog) sepanjang 2019 dibanding daerah lainnya di provinsi setempat.

"Dalam hal memasok gabah ke Bulog PesisirSelatan terbanyak hingga semester pertama tahun ini dengan total 1.000 ton," kata Bupati setempat, Hendrajoni di Painan, Minggu.

Ia menambahkan kegiatan tersebut tidak bisa dilepaskan dari stabil dan melimpahnya produksi gabah di daerah setempat sepanjang tahun.

"Kegiatan ini penting sehingga harga gabah di Pesisir Selatan tetap stabil, dan kami mendorong kegiatan ini terus berlanjut," sebutnya.

Kepala Divisi Regional (Divre) Badan Usaha Logistik (Bulog) Sumatera Barat, Muhammad Anwar menyebutkan selama 2019 pihaknya menargetkan untuk membeli gabah kering sebanyak 10.000 ton ke petani provinsi setempat.

"Hingga pertengahan tahun ini kami baru mewujudkan 10 persen atau sebanyak 1.000 ton dan semuanya berasal dari Pesisir Selatan," ujarnya.

Sebagai salah satu daerah penghasil gabah terbanyak di Sumatera Barat dirinya berharap Pesisir Selatan memberikan sumbangsih yang signifikan dalam pemenuhan target tersebut.

Menurutnya saat ini Bulog telah bekerja sama dengan sejumlah kelompok tani di Sumatera Barat untuk mendapatkan beras premium dan tiga diantaranya berada di Pesisir Selatan. Selanjutnya pihaknya juga bekerja sama dengan 16 otlet Sahabat Rumah Pangan Kita (RPK) dalam pemasarannya.(*)

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar