Pemkab Solok Selatan minta Balai Jalan segera perbaiki ruas Surian-Kerinci

id Jalan rusak

Kabag Humas dan Protokol Setdakab Solok Selatan Firdaus Firman (ANTARA SUMBAR/Erik)

Padang Aro, (ANTARA) - Pemerintahan Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, mendesak Balai Jalan Nasional Wilayah III Kota Padang, agar mengutamakan perbaikan beberapa titik jalan nasional ruas Surian-Kerinci yang rusak parah dan sudah sering menjadi penyebab laka lantas.

"Pemerintah Daerah melalui Dinas terkait sudah menyurati pihak balai pengelolaan jalan wilayah III Padang untuk mengutamakan perbaikan beberapa titik jalan nasional yang rusak parah dan sudah menyebabkan kecelakaan lalu lintas", kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Setdakab Solok Selatan Firdaus Firman, di Padang Aro, Minggu.

Surat yang dilayangkan Pemkab Solok Selatan dengan nomor 800/266/PU/VII-2019 tanggal 8 Juli 2019.

Ini merupakan surat ketiga yang dilayangkan pemerintah Solok Selatan ke Balai untuk perbaikan beberapa titik jalan rusak parah ini dan yang pertama dilakukan pada Oktober 2018 dengan nomor 600/379/DPUTRP/X-2019 kedua pada Juni 2019 nomor 600/249/DPUTRP/VI-2019.

Surat yang diberikan kepada pihak Balai pengelolaan jalan wilayah III Padang juga dilengkapi dengan foto pendukung.

Dia mengatakan, beberapa titik jalan nasional ruas Surian-Padang Aro batas Kerinci Jambi yang rusak parah yaitu di Jorong Batang Pasampan.

Selanjutnya di Batuang Bajawek karena saluran air tidak lancar akibat sedimen sehingga saat hujan air mengalir dijalan yang membuat badan jalan rusak, seterusnya di Sungai Ipuah badan jalan berlobang dan bergelombang.

Seterusnya di Koto Birah karena saluran sampingnya tidak berfungsi sehingga air kejalan dan di Pinang Awan.

Di Pinang Awan kerusakannya berupa badan jalan longsor sehingga terjadi penyempitan dan dilokasi ini beberapa hari lalu sudah terjadi kecelakaan dimana kendaraan masuk kesungai.

"Kami berharap surat ini bisa ditindaklanjuti segera oleh pihak balai pengelolaan jalan wilayah III agar tidak ada lagi kecelakaan lalu lintas serta demi kelancaran berkendara," ujarnya.

Selain itu pemerintah Solok Selatan juga meminta agar gerbang batas Solok Selatan-Solok untuk segera di aspal sehingga dapat dimanfaatkan segera. (*)
Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar