Jangan lupa, ini cara mengenali petugas haji di Tanah Suci

id Haji 2019, mch 2019,Petugas haji

Jangan lupa, ini cara mengenali petugas haji di Tanah Suci

Seragam identitas para petugas haji 2019 (Bahauddin Raja Baso (MCH 2019))

Mekkah, (ANTARA) - Ada sejumlah ciri dari petugas haji yang siap melayani jemaah calon haji di Tanah Suci, sehingga jemaah tidak perlu khawatir bila menemui kesulitan dan membutuhkan bantuan dari para petugas. “Mereka hanya perlu menghubungi petugas yang mengenakan seragam bertuliskan "Petugas Haji Indonesia 2019,” kata Direktur Bina Haji Kementerian Agama (Kemenag) Khoirizi H Dasir sebagai pesan kepada para jemaah calon haji di Tanah Suci, Arab Saudi, Kamis.

Dia mengatakan jemaah tidak perlu khawatir jika mengalami kesulitan. Panggil saja siapapun yang mengenakan seragam yang dipunggungnya bertuliskan 'Petugas Haji Indonesia 2019'. Pasti akan dibantu.

Menurut Khoirizi, ini perlu diketahui jemaah haji Indonesia agar tidak sembarangan meminta bantuan kepada orang yang tidak dikenal.

"Jangan sampai jemaah meminta bantuan pada orang yang tidak dikenal. Ingat, cari petugas kami yang berseragam," tegas Khoirizi.

Tahun ini menurut Khoirizi, Kementerian Agama telah menyiapkan seragam petugas berupa baju berwarna putih dengan garis hijau di bagian kerah dan lengan, serta variasi garis merah vertikal berwarna merah di bagian dada.

"Di bagian dada ada bordir nama petugas dan label petugas haji Indonesia yang ditulis dalam bahasa dan tulisan Arab," tuturnya.

Bordir bendera merah putih tersemat di lengan baju petugas. Sementara, pada bagian punggung atas terdapat tulisan "Petugas Haji Indonesia 2019".

Petugas juga dilengkapi rompi berwarna hitam yang juga memiliki tanda pengenal berupa bordir nama dan bendera merah putih di bagian dada.

"Di punggung rompi pun tertulis 'Petugas Haji Indonesia 2019' yang dibordir dengan warna merah putih," kata Khoirizi.

Kepada para petugas haji Indonesia, Khoirizi juga mengingatkan untuk selalu mengenakan seragam mereka agar mudah dikenali jemaah.

“Selalu kenakan seragam petugas haji Indonesia, sehingga jemaah mengenali kita dengan mudah dan kita tidak lari dari tanggung jawab membina, melayani, dan melindungi Dhuyufurrahman," kata pria kelahiran Lubuk Lingau ini. (*)