Pariaman kembangkan pasar digital pasarkan produk lokal

id Pasar Digital,Pariaman

Pariaman kembangkan pasar digital pasarkan produk lokal

Walikota Pariaman, Sumbar Genius Umar. (Antara Sumbar/Aadiaat M. S)

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, sedangkan mengembangkan pasar digital guna memasarkan produk lokal di daerah itu melalui dalam jaringan (daring).

"Pariaman memiliki banyak produk baik kerajinan maupun makanan yang bagus-bagus," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan untuk memaksimalkan pemasaran produk-produk tersebut maka pihaknya membuat pasar digital dan hal itu sesuai dengan perkembangan sekarang yang serba teknologi.

Menurutnya dengan memasarkan produk lokal yang rata-rata diproduksi oleh pelaku industri kecil menengah (IKM) maka dapat mengangkat pendapatan warga di daerahnya.

"Memang sudah ada pelaku IKM di Pariaman yang memasarkan produknya melalui daring, namun sekarang kami maksimalkan," katanya.

Ia mengatakan pasar digital tersebut tidak saja menjual produk IKM Pariaman namun juga sebagai wadah promosi wisata yang ada di daerah itu.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit mengatakan pasar digital tersebut diberi nama Pariaman Mall.

"Dalam waktu dekat website ini akan kami luncurkan sehingga pelaku usaha dapat menggunakannya," ujarnya.

Ia mengatakan di dalam Pariaman Mall tersebut nantinya terdapat seluruh kerajinan tangan serta makanan asli buatan pelaku IKM di Pariaman.

Adapun kerajinan tangan tersebut di antaranya sulaman emas, bordir, sepatu, peci, dan tikar. Sedangkan makanan yaitu di antaranya ladu, kipang kacang, dan kripik.