Tanah Datar subsidi keberangkatan calon haji Rp220 juta

id Ibadah Haji,Tanah Datar,Subsidi Pemberangkatan Haji

Tanah Datar subsidi keberangkatan calon haji Rp220 juta

Ilustrasi. ANTARA FOTO/Moch Asim/aww.

​​​​​​​Batusangkar,  (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat memberikan subsidi untuk akomodasi keberangkatan dan pemulangan 246 jamaah calon haji asal daerah itu sebesar Rp220 juta.

"Sama dengan tahun lalu, pemkab juga memberikan subsidi berupa memfasilitasi biaya keberangkatan calon haji hingga calon haji itu kembali ke Tanah Datar," kata Kabag Kesra Tanah Datar Arizon di Batusangkar, Selasa.

Ia mengatakan pemberian subsidi keberangkatan bagi calon haji tersebut sudah ditetapkan dalam undang undang transportasi jamaah calon haji mulai dari daerah asal ke asrama haji dan dari asrama haji ke kampung halaman.

Termasuk juga pengadaan satu unit truk tronton untuk mengangkut tas atau koper serta perlengkapan barang calon haji lainnya.

Anggaran penunjang ibadah haji tersebut diambil dari APBD dan disesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan calon haji. Pada tahun 2018 Tanah Datar menganggarkan subsidi sebesar Rp200 juta, dan pada tahun ini meningkat menjadi Rp220 juta.

Sementara Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Tanah Datar Muhammad Algafari menyatakan calon haji Tanah Datar akan diberangkatkan dari Batusangkar pada Rabu pekan depan yang tergabung kedalam kloter 13 bersama Kota Padang dan Padang Panjang.

Ia berpesan kepada seluruh calon jamaah haji setempat agar menjaga kesehatan dan menyiapkan fisik untuk mewaspadai cuaca ekstrim di Arab Saudi yang kini suhunya dilaporkan diatas 50 derjat celcius yang bisa membuat calon haji dehidrasi.

"Diharapkan kepada calon haji bila keluar dari penginapan dan cuacanya sangat panas sebaiknya diperbanyak meminum air putih agar tidak sampai dehidrasi dan sakit," katanya.

Selain itu kesiapan fisik dan ilmu keagamaan atau spiritual juga diharapkan terus ditingkatkan agar bisa melaksanakan dan menunaikan ibadah haji dengan baik.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar